Awas, Ibu Hamil Tak Boleh Makan 4 Buah Ini Berlebihan

doktersehat-manfaat-daun-anggur
Photo Credit: Pexels.com/Luiz M. Santos

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa buah adalah bahan makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, ya.

Buah merupakan bahan makanan sehat yang padat akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien. Akan tetapi, tidak asal semua jenis buah boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, lho.

Ya, ada beberapa jenis buah yang telah terbukti memiliki beberapa kandungan zat, enzim atau senyawa tertentu yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan ibu hamil.

sebelum-menggunakan-masker-buah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/
Trang Doan

Kandungan zat tertentu ini memang tidak serta merta langsung menyebabkan bahaya, namun akan sangat berisiko pada kesehatan kehamilan, utamanya jika ibu hamil mengonsumsi bahan makanan tersebut secara berlebihan.

Beberapa jenis buah yang harus diwaspadai oleh ibu hamil adalah buah yang termasuk cukup mudah diperoleh di pasaran.

Untuk itu ibu hamil haruslah super waspada saat memilih atau harus memerhatikan porsi dengan tepat saat mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Lalu apa saja sih buah yang harus dibatasi konsumsinnya oleh ibu hamil? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Buah anggur

Dibandingkan dengan jenis buah lainnya, buah anggur memiliki risiko terhadap kesehatan kehamilan yang cenderung kecil. Anggur disebut memiliki kanudngan alkohol jika dikonsumsi berlebihan.

Porsi anggur berlebihan adalah lebih dari 2-3 porsi dalam satu kali makan, atau setara dengan hampir 250 gram anggur.

Meskipun termasuk jarang menyebabkan kondisi asupan alkohol yang berlebihan karena konsumsi anggur, ada hal lain yang menyebabkan anggur harus diwaspadai oleh ibu hamil.

anggur-merah-doktersehat

Yaitu anggur merupakan salah satu buah dengan peringkat teratas buah terkotor di dunia. Buah terkotor yang dimaksud disini adalah buah dengan kandungan pestisida yang cukup tinggi.

Sebenarnya kondisi ini wajar, mengingat anggur adalah buah dengan kulit yang cukup tipis.

Untuk itu, jika ibu hamil mengonsumsi anggur, selalu pastikan anggur sudah dicuci hingga pestisidanya hilang serta batasi konsumsinya paling banyak 1 porsi, atau setara dengan 80 gram atau 15-20 buah anggur ukuran sedang.

2. Buah pepaya yang belum matang

Buah pepaya merupakan buah yang kandungan gizi dan antioksidannya cukup tinggi mengingat warnanya, saat sudah matang, adalah oranye tua.

Untuk itu, ibu hamil harus selalu memastikan mengonsumsi buah pepaya dalam keadaan matang benar. Hal ini ditunjukkan dengan tekstur yang cenderung lunak dan rasa yang manis.

Buah pepaya mentah, baik yang berawarna hijau maupun oranye namun masih mengkal, masih memiliki kandungan getah atau lateks yang dinilai dapat memberikan efek mirip hormon okstitoksin dan prostagladin.

Kandungan tersebut akan menyebabkan konsumsi pepaya yang belum matang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi berlebihan.

3. Buah nanas

Anda tentu sudah sering mendengar bahwa buah nanas adalah buah yang harus sangat dihindari oleh ibu hamil, bukan?

Ya, nanas memang termasuk dalam buah yang harus sangat diperhatikan porsinya oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan konsumsi nanas berlebihan dapat menyebabkan asupan zat bromealin dalam tubuh juga meningkat.

doktersehat-nanas-jus-buah

Kandungan zat bromealin dapat memicu kontraksi hingga keguguran, namun jika nanas dikonsumsi lebih dari 7 buah utuh dalam sekali makan.

Selama ibu hamil mengonsumsi nanas dengan tingkat kematangan yang tepat dan dalam porsi yang cukup, yaitu 80-100 gram dalam satu kali makan, maka nanas justru akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kehamilan.

4. Buah durian

Si raja buah ini merupakan salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil, ya.

Buah durian memiliki kandungan gula yang tinggi, selain itu, buah durian yang terlalu matang dan melewati proses fermentasi berisiko menghasilkan alkohol yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah lain.

Cara-sehat-makan-durian-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Travis

Hal ini yang menyebabkan buah durian harus dibatasi oleh ibu hamil, yaitu tidak lebih dari 1 porsi, atau setara dengan 4-6 sendok makan daging buah durian dalam satu hari.