Ibu Hamil, Siap-Siap Mengalami Perubahan Pada Payudara

DokterSehat.Com – Kehamilan tidak hanya tentang perut ibu yang kemudian semakin membesar karena terdesak oleh bayi yang ada di dalam kandungan. Terdapat banyak sekali perubahan yang akan dirasakan selama masa kehamilan. Perubahan hormon yang sangat signifikan ternyata ikut membuat perubahan besar pada kondisi kesehatan dan juga tubuh ibu hamil, termasuk diantaranya adalah bagian payudaranya. Berikut adalah perubahan pada payudara yang akan dialami ibu saat hamil.

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

Satu hal yang sangat terlihat dari ibu hamil adalah payudaranya yang cenderung membesar. Ukuran payudara biasanya akan semakin membesar apda tiga bulan pertama kehamilan. Pakar kesehatan Alana Bibeau, Ph.D mengungkapkan jika pada trimester pertama kehamilan, lapisan lemak payudara akan semakin bertambah dan disertai pula dengan penambahan kelenjar susu. Menurut Bibeau, dalam enam minggu pertama kehamilan, payudara ibu biasanya bertambah ukuran hingga dua kali lipat, dan menjelang persalinan, payudara ibu hamil bisa mencapai berat 4 kilogram.

Puting payudara ibu hamil juga akan cenderung ikut membesar dan menjadi lebih bulat. Pembesaran puting ini sendiri adalah persiapan alamiah ibu hamil agar puting bisa memudahkan bayi saat menghisap ASI nantinya setelah lahir. Selain itu, puting juga akan cenderung menjadi lebih gelap dan ujungnyapun mengalami kondisi montgomery, yang berarti semakin membesar dan menonjol.

Payudara ibu hamil juga akan cenderung memiliki garis-garis yang ternyata merupakan pembuluh vena yang semakin terlihat. Adanya garis-garis ini ternyata bisa menimbulkan rasa gatal. Namun, disarankan bagi ibu hamil untuk tidak menggaruknya karena bisa menyebabkan bekas luka permanen. Selain itu, payudara juga biasanya akan menjadi jauh lebih kencang. Kencangnya payudara ini juga membuatnya menjadi tidak nyaman dan lebih peka. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan sirkulasi darah pada payudara dan adanya pertumbuhan saluran susu untuk persiapan ASI bagi sang buah hati nantinya.