Ibu Hamil Sempat Demam Tinggi? Waspada Anak Terlahir Dengan Autisme

DokterSehat.Com– Setiap ibu hamil memang sebaiknya menjaga kondisi kesehatannya dengan baik karena jika mereka jatuh sakit, dikhawatirkan kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan sekaligus perkembangan janin di dalam kandungan. Sebagai contoh, jika ibu hamil mengalami demam tinggi, maka Ia bisa saja melahirkan anak dengan kondisi autisme. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-autis-autisme

Fakta mengejutkan ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University. Dalam penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal bernama Molecular Psychiatry ini, disebutkan bahwa kondisi autisme pada anak berkaitan erat dengan paparan infeksi yang terjadi selama di dalam kandungan. Jika ibu hamil mengalami demam tinggi, khususnya saat di trimester kedua, maka resiko untuk melahirkan anak yang mengalami autisme pun meningkat.

Menurut pakar kesehatan, demam ternyata adalah respon dari tubuh akan adanya infeksi atau penyakit lainnya pada tubuh. Disebutkan bahwa infeksi inilah yang bisa mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan yang bisa mempengaruhi kondisi autisme. Tak hanya itu, konsumsi obat untuk mengatasi demam tersebut juga masih diteliti lebih lanjut karena diduga juga ikut mempengaruhi kondisi autisme tersebut.

Dalam penelitian ini, setidaknya ada 100 ribu ibu dan anak yang dilahirkan selama periode 1999 hingga 2009 yang dilibatkan di Norwegia. Diketahui bahwa 16 persen ibu mengalami demam selama kehamilan dan hasilnya adalah, anak-anaknya dengan usia antara 3 hingga 7 tahun terkena masalah gangguan sepektrum autisme. Pakar kesehatan pun menyimpulkan bahwa ibu hamil yang mengalami demam akan meningkatkan resiko melahirkan anak dengan kondisi autisme 34 persen lebih besar jika dibandingkan dengan ibu yang tidak mengalami demam. Bahkan, jika demam ini terjadi pada trimester kedua, resiko ini bisa meningkat hingga 40 persen.

Baca Juga:  Pengaruh Kehamilan Terhadap Autisme - Perdarahan, Jarak Kehamilan, dan Usia Ibu

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya ibu hamil menjaga kesehatannya dengan baik agar tidak mudah terkena demam atau berbagai penyakit lainnya.