Ibu Hamil Sekaligus Menyusui, Apakah Aman?

DokterSehat.Com – Kadangkala kita menemukan saudara yang berumur sangat dekat dimana jarak usia diantara keduanya sekitar satu tahun atau kurang. Melihat adanya fakta ini tentu kita cukup merasa heran membayangkan apa yang dialami oleh ibu kandungnya. Secara logika, kehamilan tentu bisa menjadi hal yang merepotkan bagi sang ibu, namun, merawat bayi yang masih kecil juga menjadi hal yang merepotkan. Tentu kombinasi antara merawat bayi yang masih kecil sekaligus dalam kondisi hamil tentu akan tidak terbayangkan repotnya. Secara kesehatan sendiri, apakah menyusui bayi namun dalam keadaan hamil termasuk aman bagi tubuh?

shutterstock_155812274 copy

Pakar kesehatan menyebutkan jika seorang bayi sebaiknya mendapatkan asupan ASI setidaknya hingga usianya 2 tahun untuk menjaga pertumbuhannya agar tetap maksimal. Namun, pakar kesehatan tentu menyebutkan jika akan ada kondisi yang berbeda antara menyusui dengan fokus yang penuh merawat sang buah hati jika dibandingkan dengan menyusui saat hamil. Hal ini dikarenakan ada kecenderungan nutrisi yang dimiliki sang ibu harus dibagi menjadi tiga, yakni bagi sang ibu, bayi dalam kandungan, dan ASI bagi bayi yang sudah lahir. Selain itu, ada kecenderungan pula semakin tua usia kandungan, maka semakin menurun pula produksi ASI sehingga ada kemungkinan bayi harus beralih pada susu formula yang tentu akan kurang sehat bagi pertumbuhannya.

Untuk menghindari hal ini ibu hamil yang menyusui tentu harus mengkonsumsi makanan dengan gizi yang lebih banyak dari biasanya.S ebagai contoh, konsumsi protein dan karbohidrat harus lebih banyak sebagaimana kalsium dan juga vitamin mengingat kini nutrisi harus dibagi menjadi tiga. Hanya saja, ingatlah bahwa ada kemungkinan rasa ASI juga berubah karena adanya kenaikan hormon estrogen saat kehamilan. Dalam beberapa kasus, bayi pun akan tidak lagi menyukai rasa ASI dan memilih jenis minuman atau makanan lain yang tentu tidak bisa kita jamin kadar nutrisinya.

Baca Juga:  Isu Vaksin Kanker Serviks Menyebabkan Menopause Dini Tidak Benar Adanya

Melihat adanya hal ini, ibu hamil yang masih menyusui tentu harus lebih berhati-hati dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari dan juga menjaga gaya hidup yang sehat. Konsultasi dengan dokter spesialis kandungan juga harus dilakukan sehingga kesehatan kehamilan sekaligus sang anak yang sudah lahir tetap terjaga dengan baik.