Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga Ini

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu harus menjaga kondisi tubuhnya dengan sangat hati-hati mengingat Ia harus menjaga kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungannya. Salah satu hal yang harus diperhatikan ibu hamil adalah dengan tidak melakukan beberapa pekerjaan rumah yang beresiko bagi kesehatan dan kondisi kehamilannya. Seperti apakah pekerjaan-pekerjaan tersebut?

doktersehat-senam-hamil-olahraga

Pekerjaan yang membuat ibu membungkuk
Pakar kesehatan menyebutkan jika pekerjaan seperti mencuci baju secara manual dengan menggunakan tangan atau mengepel lantai yang membuat ibu hamil membungkuk sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Jika ibu kerap melakukannya, dikhawatirkan Ia akan mengalami peradangan saraf siatik. Tak hanya itu, mengingat selama kehamilan pesendian dan ligamen cenderung lebih lunak, maka tentu ibu akan mudah merasa nyeri atau mengalami cedera jika kerap melakukan pekerjaan yang membuatnya harus membungkuk.

Pekerjaan yang menggunakan detergen atau pembersih
Laman kesehatan boldsky.com menyebutkan jika tubuh ibu hamil ternyata cenderung lebih sensitif dengan zat-zat kimia yang bisa saja memicu reaksi alergi. Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil tidak sering memegang deterjen atau zat pembersih layaknya pada produk sabun pencuci baju atau cairan pembersih kaca.

Mengangkat barang
Ada baiknya ibu tidak mengangkat barang, khususnya yang diletakkan pada lantai. Bukan masalah barangnya berat atau ringan, namun gerakan membungkuk saat mengangkat barang bisa menyebabkan pinggang sakit atau membuat mereka jatuh dan mengalami cedera.

Membersihkan kotoran
Jika ibu memiliki hewan peliharaan di rumah, ada baiknya tidak melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan membersihkan kotoran. Jika ibu hamil melakukannya, dikahwatirkan parasit pada kotoran-kotoran tersebut bisa memicu gangguan kehamilan.

Bagi ibu hamil yang tetap bekerja, ada baiknya mereka juga tidak duduk atau berdiri dalam waktu yang lama karena hal ini bisa membuat masalah kaki bengkak. Sering-seringlah mengambil jeda untuk berjalan-jalan sebentar agar tubuh tetap bugar dan nyaman.