Ibu Hamil Sebaiknya Sering-Sering Makan Buah Ini

DokterSehat.Com– Tak hanya mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari, pakar kesehatan juga menyarankan ibu hamil untuk mendapatkan nutrisi tambahan yang berasal dari buah-buahan, suplemen, dan sumber nutrisi lainnya. Salah satu buah yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil adalah buah semangka.

doktersehat-hamil-makan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebutuhan cairan ibu hamil meningkat hingga 350 ml. Selain dengan memperbanyak air minum, asupan air ini bisa didapatkan dari buah semangka. Hal ini disebabkan oleh kandungan air di dalam semangka yang melebihi 90 persen. Selain itu, semangka juga kaya akan kandungan kalium, nutrisi yang sangat baik bagi pembentukan tulang janin dan persendian pada tubuh ibu hamil.

Semangka juga kaya akan kandungan baik lainnya seperti vitamin A, vitamin C, beta-karoten, likopen, zat besi, seng, dan nutrisi lainnya. Likopen sendiri adalah semacam antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan paparan radikal bebas dan mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan kulit. Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics, disebutkan bahwa kandungan likopen dalam semangka bisa menurunkan resiko preeklampsia pada ibu hamil hingga 50 persen.

Kandungan zat besi dalam semangka bisa membuat ibu hamil terjaga staminanya sekaligus mencegah datangnya anemia. Selain itu, nutrisi dalam semangka semangka juga bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan yang kerap terjadi saat hamil seperti mulas-mulas, mual-mual atau morning sickness, dan kram otot.

American Pregnancy Association menyarankan ibu hamil untuk makan 3 porsi semangka setiap hari. Melihat adanya berbagai manfaat sehat dari buah semangka ini, ada baiknya memang ibu hamil rajin-rajin mengkonsumsinya.