Ibu Hamil Sebaiknya Rutin Mengkonsumsi Telur Pada Saat Trimester Kedua Kehamilan

DokterSehat.Com – Untuk menjaga kesehatan kehamilan sekaligus memastikan perkembangan janin di dalam kandungan berjalan dengan baik, ibu hamil tentu harus lebih baik dalam menjaga asupan makanannya sehari-hari. Asupan nutrisi dan gizi harian tentu harus diperhatikan agar cukup. Salah satu hal yang dilakukan saat ibu hamil mencapai trimester kedua kehamilan adalah rutin mengkonsumsi telur. Apa alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-telur

Pakar kesehatan dan gizi bernama Elizabeth Ward, seorang ahli diet yang dikenal sebagai penulis buku tentang kehamilan berjudul Expect the Best, Your Guide to Healthy Eating Before, During, & After Pregnancy menyebutkan jika telur adalah asupan yang sangat penting bagi ibu hamil saat mencapai trimester kedua kehamilan. Menurut Ward, di dalam sebutir telur, kita bisa menemukan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Sebagai contoh, ada 12 vitamin dan mineral yang tentu mendukung kesehatan kehamilan dengan baik. Selain itu, ada pula kandungan protein yang memang sangat penting dalam mendukung perkembangan sel-sel pada bayi.

Ward juga menyebutkan jika di dalam telur, kita bisa menemukan kandungan kolin yang akan membantu perkembangan otak bayi dan tubuhnya secara keseluruhan. Kandungan asam lemak omega-3 pada bahan makanan ini juga akan mendukung perkembangan otak bayi sekaligus menjaga perkembangan organ penglihatannya menjadi lebih baik.

Banyak ibu hamil yang khawatir jika mereka terlalu sering mengkonsumsi telur, maka mereka akan meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Namun, Ward menyebutkan jika sebenarnya telur memiliki kadar lemak jenuh yang cukup rendah sehingga andai ibu hamil mengkonsumsi satu atau dua butir telur dalam sehari dan diimbangi dengan makanan bergizi seimbang, maka Ia pun tidak akan mendapatkan masalah kolesterol.

Baca Juga:  Penyakit Yang Dapat Membahayakan Kehamilan

Satu hal yang harus dipastikan oleh ibu hamil saat mengkonsumsi telur adalah pastikan jika telur sudah dimasak dengan matang sebelum dikonsumsi demi mencegah kontaminasi bakteri-bakteri berbahaya pada tubuh.