Ibu Hamil Sebaiknya Mewaspadai Rasa Sakit Berikut Ini

DokterSehat.Com– Fase kehamilan adalah salah satu fase yang harus mendapatkan perhatian lebih bagi kaum hawa. Tak hanya berperan besar bagi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan, kehamilan bisa memberikan banyak perubahan fisik sekaligus mental bagi ibu hamil sehingga tentu saja bisa mempengaruhi kesehatannya. Kadangkala, ibu hamil bisa merasakan sakit atau nyeri pada beberapa bagian tubuh tertentu. Memang, bisa jadi rasa sakit tersebut disebabkan oleh hal yang sepele layaknya kelelahan, namun, ada beberapa rasa sakit yang ternyata tidak boleh disepelekan oleh ibu hamil karena bisa jadi adalah tanda akan adanya masalah kesehatan yang serius seperti sebagai berikut.

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

Rasa sakit yang muncul pada perut bagian tengah dan atas
Biasanya, rasa sakit ini diiringi dengan rasa mual-mual atau muntah. Menurut pakar kesehatan, penyebab dari rasa sakit ini adalah heartburn, gangguan pencernaan, atau yang cukup serius adalah keracunan hingga tanda bagi preeclampsia. Sebagai informasi, preeclampsia akan muncul pada saat usia kehamilan mencapai 20 minggu dan ditandai dengan terus naiknya tekanan darah dan kadar protein pada air seni. Mengingat penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, ada baiknya ibu langsung memeriksakan kondisi ini pada dokter.

Rasa sakit yang muncul pada perut bagian bawah
Rasa sakit ini bisa jadi adalah tanda adanya robekan ligamen atau terjadinya kehamilan ektopik, kondisi kehamilan yang berkembang pada luar rahim. Dalam beberapa kasus, rasa sakit pada perut bawah juga menjadi tanda akan keguguran, kelahiran bayi yang prematur, hingga pecahnya air ketuban.

Gangguan penglihatan
Jika ibu hamil mengalami pandangan yang buram, ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena bisa jadi hal ini adalah tanda akan penyakit preeclampsia. Gejala lain dari masalah kesehatan ini adalah pusing atau sakit kepala yang sangat menyiksa.

Baca Juga:  Berapa Banyak Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Dianggap Ideal?

Rasa sakit saat buang air kecil
Jika ibu hamil mengalami sensasi terbakar saat buang air kecil, bisa jadi hal ini adalah tanda akan infeksi saluran kencing yang tentu harus segera diatasi dengan penanganan medis yang tepat.