Ibu Hamil Sebaiknya Menghindari Posisi Tidur Telentang

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika posisi tidur yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil adalah dengan posisi miring. Dengan tidur dengan posisi ini, ibu hamil akan menurunkan resiko melahirkan bayi dalam kondisi meninggal dunia dengan sangat signifikan. Sebaliknya, posisi tidur telentang sangat tidak direkomendasikan bagi ibu hamil karena bisa meningkatkan resiko tersebut. Sebenarnya, apa sih alasan mengapa ibu hamil sebaiknya menghindari posisi tidur telentang?

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan Louise Silverton yang merupakan direktur dari The Royal College of Midwivese, berkata jika ada sebuah penelitian terbaru yang berasal dari Selandia Baru yang menyebutkan jika ibu hamil yang tidur dengan posisi telentang akan membuat suplai oksigen bagi bayi yang ada di dalam rahim menurun drastis. Bahkan, penelitian ini menyebutkan jika posisi tidur ini kerap dilakukan pada trimester akhir kehamilan, maka detak jantung dan juga suplai oksigen yang didapatkan oleh bayi di dalam kandungan bisa menurun drastis, meskipun ibu baru tidur dalam waktu 30 menit saja. Hal ini ternyata sangat berbahaya dan bisa memicu kematian bagi bayi. Sekalipun ibu hamil dalam kondisi yang sangat sehat, Silverton sangat tidak menyarankan ibu hamil untuk tidur dalam posisi ini.

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Auckland University ini dilakukan pada 29 ibu hamil dan juga bayi mereka di dalam kandungan. Para ibu hamil ini diminta untuk mengubah posisi berbaring mereka setiap 30 menit. Pada saat ibu hamil berbaring dengan posisi telentang, para pakar kesehatan pun menemukan penurunan detak jantung dan asupan oksigen pada bayi dengan signifikan. Memang, seluruh bayi dalam penelitian ini berhasil terlahir dengan kondisi sehat. Namun, adanya fakta penurunan detak jantung dan suplai oksigen tentu tidak bisa dianggap remeh karena sangat berbahaya.

Baca Juga:  Ini Yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil yang Tetap Bekerja

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Profesor Peter Stone, sangat merekomendasikan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri yang akan membuat asupan nutrisi bagi bayi menjadi jauh lebih maksimal.