Ibu Hamil, Sebaiknya Hindari Makanan Ini Agar Perut Tidak Terasa Kembung

DokterSehat.Com – Ibu hamil seringkali merasakan banyak perubahan dalam tubuhnya. Selain karena adanya perubahan hormon yang sangat signifikan selama kehamilan, ibu hamil juga memiliki perubahan fisik yang tentu akan membuat banyak aktifitas hariannya menjadi jauh berbeda dari biasanya. Salah satu kondisi tubuh yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah perutnya yang cenderung lebih mudah kembung atau begah. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini adalah hal yang sangat wajar mengingat hormon progesteron pada ibu hamil mengalami peningkatan pesat selama fase kehamilan yang menyebabkan perut menjadi lebih mudah kembung. Hanya saja, ibu hamil juga bisa mengurangi rasa kembung atau begah ini jika menghindari beberapa makanan seperti sebagai berikut.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Makan terkadang bisa menjadi hal yang sulit bagi ibu hamil. Beberapa ibu hamil mengaku mereka tidak lagi memiliki selera untuk mengkonsumsi nasi sehingga harus menggantinya dengan makanan berkarbohidrat lainnya. Kentang biasanya menjadi pilihan yang menarik mengingat kemampuannya mengenyangkan sekaligus memiliki rasa yang enak. Sayangnya, kentang yang memiliki kandungan pati ternyata bisa memicu kembung pada perut. Kandungan pati dalam kentang akan membuat pencernaan melambat dan akhirnya di dalam perut pun akan muncul gas yang membuat kembung. Ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi kentang dan menggantinya dengan makanan lainnya agar tidak mudah terkena perut kembung.

Sayuran lobak ternyata juga bisa memicu munculnya gas di dalam perut sehingga membuat perut kembung. Selain lobak, paprika hijau juga kurang baik jika sering dikonsumsi oleh ibu hamil atas alasan yang sama. Sayuran lain yang kerap kali ditemui sebagai lalapan layaknya kubis atau mentimun juga sebaiknya dihindari untuk menghindari perut kembung. Kubis memang kaya akan serat yang sangat baik bagi tubuh, namun kemampuannya menimbulkan gas pada perut sehingga membuat perut mulas pun akan kurang baik bagi ibu hamil. Ketimun sendiri meskipun memiliki banyak kandungan air yang memperlancar sistem pencernaan ternyata juga bisa memicu perut kembung. Karena alasan inilah ada baiknya konsumsi sayuran-sayuran ini dihindari oleh ibu hamil atau setidaknya dibatasi sehingga masalah perut kembung pun tidak mudah menghinggapi ibu hamil.