Ibu Hamil Rentan Menularkan Penyakit Berbahaya Pada Anak

DokterSehat.Com – Jika ibu hamil melakukan gaya hidup yang tidak sehat, maka janin yang ada di dalam kandungannya ternyata juga memiliki resiko untuk mendapatkan berbagai macam penyakit dan permasalahan dalam perkembangannya. Beberapa pakar kesehatan bahkan berkata jika beberapa penyakit yang diidap sang ibu bisa saja diturunkan ke anaknya saat lahir nanti. Berikut adalah beberapa jenis penyakit atau infeksi yang bisa menular dari ibu hamil ke anaknya.

doktersehat-hamil-kehamilan-anak-laki

Penyakit tuberkulosis atau TBC adalah salah satu penyakit pada saluran pernafasan yang sangat berbahaya bagi siapapun. Sayangnya, jika ibu hamil terkena tuberkulosis, anak di dalam kandungannya ternyata juga bisa beresiko tertular. Penularan tuberkulosis bisa melalui plasenta di dalam rahim sang ibu. Jika bayi menelan cairan yang sudah terinfeksi tuberkulosis saat proses persalinan, maka anak tersebut pun beresiko terkena masalah TBC setelah kelahiran. Untuk mencegah penyakit ini berkembang dengan lebih jauh, anak harus segera diberi vaksin pencegah TBC.

Penyakit berikutnya adalah penyakit yang sangat terkenal; HIV/AIDS. Ibu hamil yang sudah memiliki virus HIV ternyata memiliki resiko sangat besar untuk menularakannya ke bayi dalam kandungannya. Beberapa pakar kesehatan bahkan berkata jika bayi yang sudah tertular virus HIV sejak dalam kandungan, maka Ia akan beresiko untuk tidak bisa melakukan apa-apa dalam waktu dua hingga tiga bulan pertama kehiduapnnya. Bahkan, sistem kekebalah tubuh dalam bayi pun tidak akan bekerja dengan baik sehingga bayi pun akan bisa dengan mudah terkena banyak penyakit.

Ibu hamil juga beresiko menularkan penyakit Hepatitis B dan C pada anak yang dikandungnya. Penyakit ini bisa menular jika bayi mendapatkan kontak langsung pada cairan tubuh saat proses persalinan. Memang, pada awalnya, bayi tidak terlihat terkena penyakit ini. Namun, lambat laun bayi bisa mengalami gejala penyakit kuning dan terhambatnya pertumbuhan serta kerusakan pada organ hati sehingga bisa mengancam jiwa sang bayi.

Baca Juga:  Manfaat Sholat Trawih Bagi Kesehatan

Ibu hamil tentu harus menjaga kesehatan tubuhnya sebaik mungkin saat masa kehamilan karena bisa jadi penyakit yang ia idap akan menular ke bayi dalam kandungan. Ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat agar perkembangan bayi menjadi baik dan sehat dan jangan lupakan pemeriksaan rutin ke dokter agar bisa mengecek kondisi kesehatan ibu dan janin sekaligus.