Ibu Hamil Rentan Mengalami Komplikasi Diabetes Gestasional

DokterSehat.Com – Masa kehamilan adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua wanita. Banyak wanita yang bahkan sangat antusias untuk menunggu kelahiran sang buah hati. Sayangnya, masa kehamilan juga akan membawa berbagai macam perubahan yang akan membuat kondisi fisik dan mental ibu hamil mengalami gangguan. Dalam masa kehamilan sendiri, ibu hamil cenderung akan mengalami perubahan hormon yang sangat signifikan. Banyak kasus dimana perubahan hormon ini pada akhirnya akan membuat ibu hamil terkena masalah komplikasi diabetes gestasional, penyakit diabetes yang hanya berlangsung dimasa kehamilan saja.

doktersehat-kehamilan-hamil

Meskipun dianggap sebagai penyakit yang akan dengan reda dengan sendirinya setelah proses persalinan berlangsung, diabetes gestasional ternyata bisa meningkatkan resiko beberapa penyakit lain bagi sang ibu maupun sang bayi. Diabetes gestasional yang tidak benar-benar ditangani secara medis dengan benar akan bisa menyebabkan janin mengalami kondisi makrosomia, sebuah kondisi dimana bayi sangatlah besar dan memiliki berat lebih dari 4 kilogram. Kondisi bayi yang sangat besar dan dipadukan dengan ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional pada akhirnya akan menambah resiko keduanya terkena masalah obesitas dan diabetes yang cukup besar. Bahkan, sebuah penelitian yang dirilis pada jurnal Current Opinion Obstet menunjukkan fakta dimana ibu hamil yang terkena diabetes gestasional memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50 persen setelah masa persalinan berlangsung.

Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional akan cenderung memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih besar. Yang menjadi masalah adalah, karena ibu hamil akan cenderung tidak banyak bergerak maupun berolahraga, maka penumpukan lemak pun beresiko terjadi pada ibu hamil dan setelah proses persalinan berlangsung, Ia pun akan mengalami masalah perut buncit yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika diabetes gestasional pada akhirnya akan membuat resiko penyakit kardiovaskular pada ibu pun meningkat dengan tajam. Hal ini dikarenakan diabetes gestasional mempengaruhi peningkatan tekanan darah dengan signifikan.