Ibu Hamil, Rajin-Rajinlah Konsumsi Ikan Laut

DokterSehat.Com – Mengingat kehamilan membutuhkan perhatian yang besar agar bisa tetap terjaga kesehatannya, orang tua, khususnya sang ibu yang hamil tentu akan rela untuk melakukan berbagai hal untuk menjaganya. Salah satu hal yang memiliki peran besar bagi kesehatan kehamilan adalah dengan konsumsi makanan tertentu yang diyakini berpengaruh besar pada perkembangan dan kesehatan kehamilan. Salah satu jenis makanan yang banyak direkomendasikan ibu hamil untuk dikonsumsi adalah ikan laut.

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Selain bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, ikan laut jika dikonsumsi ibu hamil dengan rutin bisa membuat otak sang buah hati menjadi cerdas semenjak dari kandungan. Fakta ini sendiri diketahui setelah diadakan sebuah penelitian yang melibatkan ibu dan buah hatinya sejumlah 2.000 partisipan. Penelitian yang dilakukan oleh Jordi Julvez dan berasal dari Center for Research in Environmtintal Epidemiology dan mempelajari kaitan antara konsumsi harian semenjak usia kehamilan semenjak trimester pertama hingga anak berusia balita dengan tingkat kecerdasan sang buah hati.

Penelitian ini sendiri membagi dua buah kelompok yakni mereka yang diminta untuk mengkonsumsi setidaknya 500 gram ikan setiap minggu dan sisanya diperbolehkan mengkonsumsi ikan laut dengan porsi yang lebih banyak. Hasilnya adalah, mereka yang lebih banyak mengkonsumsi ikan laut akan melahirkan anak-anak yang cenderung jauh lebih sehat dan lebih baik pada skor pengembangan neuropsikilogis atau secara mudahnya adalah, anak akan cenderung lebih sehat.

Sayangnya, banyak ibu hamil yang justru menghindari makanan laut karena dikhawatirkan ikan ini telah terpapar merkuri tentu akan kurang baik bagi kesehatan. Menurut pakar kesehatan, memang, makanan laut memiliki reputasi terkena kandungan merkuri yang berbahaya. Namun, menurut pakar kesehatan, asalkan ibu hamil mengkonsumsi ikan laut dalam batas yang wajar, yakni sekitar 500 hingga 600 gram setiap minggunya, maka Ia pun akan meminimalisir konsumsi merkuri yang berbahaya.