Ibu Hamil, Perhatikan Faktor-Faktor Penyebab Keguguran Berikut Ini

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kehamilan yang sangat ditakuti oleh siapa saja, baik itu ibu hamil maupun anggota keluarga lain adalah keguguran. Bagaimana tidak, keguguran tentu akan membuat ibu hamil kehilangan kesempatan mendapatkan keturunan. Untuk menghindarinya, ibu hamil tentu harus menjaga kesehatan kehamilannya dengan sangat baik. Selain itu ada beberapa faktor penyebab keguguran yang sebaiknya dipelajari layaknya sebagai berikut.

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

Usia ternyata menjadi hal pertama yang menjadi faktor utama penyebab keguguran. Banyak kasus dimana wanita yang sudah berusia tua pada akhirnya harus merelakan kehamilannya mengalami masalah ini. Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita dengan usia yang tua akan memiliki ovum yang cenderung lebih murah rusak secara genetis. Wanita hamil dengan usia lebih dari 40 tahun bahkan memiliki resiko keguguran lebih dari 33 persen.

Jarak kehamilan yang terlampau dekat juga menjadi pemicu keguguran yang cukup tinggi. Pakar kesehatan menyebutkan jika setelah seorang wanita melahirkan dan kemudian tidak sampai enam bulan berikutnya Ia hamil kembali, maka resiko untuk mendapatkan bayi yang lahir secara prematur hingga keguguran meningkat tajam. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan ibu untuk menjaga jarak yang cukup bagi kehamilan.

Gaya hidup yang buruk jelas menjadi hal yang sangat disalahkan jika ibu hamil mengalami keguguran. Dalam realitanya, masih banyak wanita yang hamil namun tetap merokok atau menenggak minuman beralkohol sehingga resiko mengalami keguguran sangatlah tinggi. Selain itu, jika ibu hamil mengalami masalah berat badan, baik itu obesitas atau bahkan terlalu kurus, maka resiko kegugurannya pun ikut meningkat dengan tajam. Selain itu, jika ibu hamil tidak benar-benar memakan asupan vitamin yang cukup, maka Ia juga beresiko mengalami keguguran cukup tinggi.