Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Melewatkan Asupan Nutrisi Ini

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu akan merasakan kebahagiaan luar biasa tatkala mendapati dirinya hamil. Hanya saja, ibu hamil juga harus menjaga kondisi kehamilannya dengan baik agar selalu sehat dan berkembang dengan sempurna sampai proses kelahiran tiba. Bagi ibu hamil muda, salah satu cara untuk menjaga kehamilannya adalah dengan tidak pernah melewatakan asupan vitamin dan mineral yang sangat penting di fase awal kehamilan. Vitamin dan mineral yang disebut sebagai Prenatal Vitaminis ini bisa mendukung berbagai kebutuhan ibu hamil dan juga janin. Apa sajakah vitamin dan mineral tersebut?

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Asam folat
Saat hamil muda, asam folat adalah nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Adanya asam folat ini bisa mencegah perkembangan yang tidak normal pada otak dan tulang belakang janin di dalam kandungan. Pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu hamil muda untuk mengkonsumsi 600 mikrogram asam folat saat hamil. Tak hanya di trimester awal kehamilan, nutrisi ini juga sebaiknya dipenuhi selama proses kehamilan berlangsung.

Kalsium
Kalsium memiliki peran besar bagi perkembangan tulang, otot-otot, saraf, hingga jantung bayi. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi 1.000 milligram kalsium setiap hari demi memastikan perkembangan tubuh janin tetap baik

Vitamin D
Dengan adanya vitamin D, maka penyerapan kalsium pada tubuh juga akan menjadi lebih baik sehingga akan membantu pembentukan tulang dan otot-otot pada janin. Pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi 600 IU vitamin D setiap harinya.

Zat besi
Selama fase kehamilan, seorang wanita akan membutuhkan asupan zat besi jauh lebih banyak, tepatnya dua kali lipat jika dibandingkan dengan saat sebelum hamil. Janin di dalam kandungan sangat membutuhkan asupan zat besi ini bagi pembentukan tulangnya. Saat hamil muda, ada baiknya ibu mengkonsumsi 27 miligram zat besi setiap hari.

Baca Juga:  Dikira Gatal Biasa, Ibu Hamil Ini Ternyata Terkena Kondisi yang Serius

Iodin
Iodin sangatlah penting bagi perkembangan otak dan sistem saraf janin. Iodin yang bisa didapatkan dari ikan atau susu ini sebaiknya dikonsumi sebanyak 200 mikrogram setiap harinya oleh ibu hamil.