Ibu Hamil Muda Kerap Kelelahan? Waspada Keguguran

DokterSehat.Com – Cukup banyak ibu hamil yang tetap aktif bekerja seperti biasanya karena tuntutan profesi. Banyak dari mereka yang memang memilih untuk menjadi wanita karier sebagai ajang ekspresi diri atau ingin membantu perekonomian keluarga. Meskipun memang cukup menyenangkan untuk dilakukan, pakar kesehatan menyarankan wanita yang sedang hamil muda agar tidak mudah kelelahan meski tetap aktif bekerja atau melakukan aktifitas lainnya. Bagaimana tidak, kelelahan ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan kehamilan. Bahkan, hal ini bisa jadi memicu keguguran yang sangat tidak diharapkan.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Tak hanya karena bekerja dengan terlalu keras, pakar kesehatan menyebutkan jika kelelahan pada ibu hamil muda bisa terjadi karena melakukan olahraga dengan berlebihan, stress karena beban pikiran atau masalah lainnya, melakukan perjalanan jauh, hingga kecenderungan ibu hamil yang memang banyak bergerak. Sayangnya, berbagai hal tersebut bisa jadi didapatkan oleh wanita yang bekerja dan tidak menjaga kondisi kesehatannya.

Kelelahan fisik dan juga psikologis ternyata bisa menyebabkan kemunculan flek atau berak darah saat hamil. Sebagai informasi, bercak darah ini adalah fase awal dari efek buruk kelelahan. Setelahnya, ibu akan lebih mudah terkena masalah kesehatan lainnya layaknya kaki yang membengkak, tubuh yang lemas, kepala pusing, hingga jatuh pingsan. Jika berbagai gejala ini disepelekan, dikhawatirkan resiko mengalami keguguran juga akan meningkat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya ibu hamil memang banyak melakukan istirahat. Biasanya, tempat kerja juga akan memberikan toleransi pada mereka yang sedang hamil agar tidak bekerja dengan terlalu keras dan memperbolehkannya melakukan istirahat jika merasa lelah. Selain itu, ada baiknya ibu hamil tidak memaksakan diri melakukan perjalanan jauh atau bahkan berkendara sendiri. Demi mencegah datangnya berbagai masalah kehamilan, ada baiknya ibu hamil juga memperbanyak asupan makanan sehat dengan kadar gizi yang seimbang.