Ibu Hamil Minum Air Rebusan Kacang Hijau Bisa Membuat Rambut Bayi Lebih Lebat?

DokterSehat.Com– Salah satu kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat tanah air dan kerap dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi air rebusan kacang hijau agar bayi yang dilahirkannya nanti memiliki rambut yang lebat. Tak disangka, kepercayaan ini ternyata juga dilakukan oleh banyak ibu hamil di negara-negara Asia lainnya. Apakah kepercayaan ini memang benar adanya?

doktersehat-hamil-kehamilan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kacang hijau memang memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam kacang hijau sendiri terdapat protein dan vitamin B yang bisa mendukung pertumbuhan rambut bayi dengan lebih baik. Menurut pakar kesehatan, ibu hamil yang ingin memiliki bayi dengan rambut yang lebat tentu saja boleh mengkonsumsi air rebusan kacang hijau yang sehat ini. Namun, mereka juga harus tahu bahwa faktor keturunan juga berperan besar bagi lebat tidaknya rambut bayi yang akan dilahirkan nantinya.

Meskipun dianggap tidak berperan besar dalam membantu pertumbuhan rambut bayi, pakar kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi kacang hijau saat hamil sangatlah direkomendasikan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalsium dan fosfor dari kacang hijau yang ternyata bisa mendukung kesehatan tulang ibu dan janinnya. Tak hanya itu, ibu hamil juga akan mendapatkan kadar zat besi yang membuat mereka mencegah anemia sekaligus mendukung tumbuh kembang buah hatinya.

Tak hanya dikonsumsi sebagai air rebusan saja, pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk mengolah kacang hijau sebagai makanan atau minuman lainnya layaknya puding, bubur, atau bahkan jus. Dengan adanya variasi dari kacang hijau ini, maka ibu hamil bisa kerap-kerap mengkonsumsinya dan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi dirinya dan perkembangan janin di dalam kandungan.