Ibu Hamil Merokok, Bagaimana Dampaknya?

DokterSehat.Com – Ibu hamil memiliki begitu banyak pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan agar sang bayi di dalam rahim tetap dalam kondisi yang sehat. Sayangnya, ada beberapa ibu hamil yang tidak begitu peduli dengan kondisi kesehatannya sehingga tetap menerapkan gaya hidup yang kurang baik. Salah satu kebiasaan buruk yang bisa saja dilakukan ibu hamil adalah dengan tetap merokok. Apakah kegiatan merokok ini bisa memberikan masalah besar bagi kesehatan janin?

shutterstock_313263605 copy

Ibu hamil yang merokok biasanya adalah yang sebelumnya memang pecandu rokok sehingga kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini. Padahal, banyak sekali hal buruk yang bisa didapatkan jika ibu hamil tetap merokok selama masa kehamilan. Ratusan zat kimia berbahaya ini tentu akan meracuni bayi di dalam kandungan sedikit demi sedikit. Dalam beberapa kasus, susunan tali pusar dimana bayi mendapatkan nutrisi selama masa kehamilan bisa mengalami perubahan yang tentu saja bisa memicu kesehatan sang bayi di dalam rahim.

Tahukah anda, ibu hamil yang tetap merokok akan menyebabkan dampak yang sangat parah bagi bayi di dalam kandungan. Saat kehamilan dua hingga tiga minggu, susunan saraf pusat dari bayi di dalam kandungan akan mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga bayi pun bisa mengalami masalah serius yang bisa mengancam nyawanya. Saat kehamilan sudah mencapai lima minggu, maka perkembangan jantung dan juga sistem kardiovaskular pada bayi biasanya mulai terbentuk. Sayangnya, racun dan berbagai zat kimia berbahaya dari rokok akan memasuki pembuluh darah dan jantung dari sang bayi. Dengan kemungkinan ini, bayi pun bisa mengalami kematian di dalam rahim karena sistem saraf dan sistem peredaran darah sudah mengalami kerusakan yang sangat hebat. Bahkan, andai bayi selamat dan bisa dilahirkan dalam kondisi hidup, bisa saja bayi tiba-tiba mati secara mendadak karena tubuhnya tidak bisa lagi mentolerir racun dan berbagai zat kimia berbahaya dari rokok.

Baca Juga:  Makanan-Makanan Ini Akan Sangat Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Ibu hamil haruslah sebisa mungkin menghindari rokok baik itu jika sang ibu hamil adalah perokok aktif atau bahkan dari asap rokok yang berasal dari lingkungannya. Dengan menghindari asap rokok ini, maka ibu hamil pun bisa menjaga kesehatan dan tumbuh kembang sang buah hati hingga lahir nantinya.