Ibu Hamil Mari Berlatih Olah Nafas

DokterSehat.Com – Ketika memasuki kehamilan trimester ketiga ada baiknya bagi ibu hamil berlatih olah pernafasan secara teratur. Hal ini untuk mengatasi kesulitan benafas akibat tekanan posisi janin yang semakin membesar, serta menjaga pasokan oksigen yang janin butuhkan. Selain itu, seimbangnya kadar oksigen yang masuk dan keluar dari dalam tubuh, membuat energi tubuh pada ibu hamil akan seimbang selama kehamilan dan proses persalinan nantinya.

19

Berbeda dengan olahraga lainnya, olah nafas ini mudah dilakukan dimana saja, kapan saja dan sesering mungkin. Dengan latihan secara teratur, kebiasaan ini juga akan menjadi reaksi yang spontan dan alamiah. Sehingga ketika tiba waktunya melahirkan nanti, ibu sudah merasa lebih siap dan lebih tenang.

Selain itu manfaatnya dapat anda dapatkan dengan rajin olahraga nafas saat hamil di antaranya :

• Mengatasi kesulitan nafas yang seringkali dihadapi oleh ibu hamil di trimester ketiga.

• Mengatasi serangan kontraksi pada saat proses persalinan.

• Memaksimalkan kekuatan mengejan saat persalinan.

• Memberikan oksigen cukup pada janin sehingga aliran darah dan pasokan nutrisi lancar.

• Menjaga aliran oksigen dan karbon dioksida sehingga mencegah ibu hamil menahan nafas selama kontraksi.

Anda dapat melatih olah nafas dimana saja, sesering mungkin bahkan secara teratur. Sehingga kebiasaan ini menjadi reaksi yang alamiah.

Mari kenali olah nafas yang dapat dilakukan oleh ibu hamil :

• Slow breathing
Metode ini dapat anda lakukan dengan menarik nafas perlahan-lahan dengan menggunakan hitungan (1-3 hitungan) kemudian anda keluarkan melalui hidung secara perlahan.

• Blowing breathing
Anda dapat menarik nafas melalui hidung secara perlahan kemudian mengeluarkannya melalui mulut secara pelan-pelan. Anda dapat melakukannya sama seperti anda meniup lilin, sehingga nafas teratur ketika dikeluarkan dari mulut.

Baca Juga:  Hati-buat Buat Para Ibu Hamil Yang Ceroboh, Virus Ini Mengintai Anda

• Patterned breathing
Lakukan latihan patterned breathing yaitu dengan menarik napas dan membuangnya secara cepat. Anda dapat menarik napas dari hidung kemudian membuangnya secara cepat dari mulut dengan hitungan(2-3 hitungan) dari mulut.

• Cleansing breath
Latihan ini berlawanan dengan cara patterned breathing. Anda dapat menarik napas secara perlahan-lahan dari hidung hingga dalam kemudian anda mengeluarkan secara pelan-pelan dari mulut.

Selain teknik diatas anda dapat menambah beberapa teknik latihan lainnya :

• Gerakan tangan ringan
Anda dapat mengerakan kedua tangan secara bersamaan lurus dan sejajar diatas kepala. Tahan nafas hingga hitungan (5-6 hitungan) kemudian hembuskan perlahan-lahan dibarengi dengan tangan turun ke bawah. Anda dapat mengulanginya hingga 8-10 kali.

• Tarik nafas secara dalam-dalam
Tarik nafas hingga memenuhi paru-paru kemudian hembuskan nafas perlahan. Anda dapat mengulanginya hingga beberapa kali, hindari bernafas terlalu cepat karena akan membuat anda pusing.

• Posisi duduk
Anda dapat memposisikan punggung, kepala dan leher tegak relaks. Kemudian tarik nafas perlahan melalui hidung hitungan (1-4 hitungan) kemudian keluarkan melalui hidung pada hitungan yang sama. Ulangi hingga hitungan 8-10 dengan rileks dan berirama.

Gimana moms menurut kalian? Apakah kalian setuju? Tinggalkan pendapat Anda dibawah!

BACA JUGA : Gatal Pada Penis, Indikasi Penyakit Menular