Ibu Hamil Lebih Sensitif Terhadap Bau?

DokterSehat.Com – Ketika hamil seorang perempuan bisa menjadi sangat sensitif terhadap bau-bau tertentu yang sebelumnya bisa diterima dengan baik. Kenapa bisa begitu?

10

Seperti halnya beberapa perubahan lain yang terjadi selama hamil, maka ibu hamil biasanya juga mengalami perubahan terhadap indera penciuman yang menjadi lebih sensitif. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuhnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Philadelphia’s Monell Chemical Senses Center di AS menyatakan bahwa wanita usia subur lebih sensitif terhadap aroma, bahkan wanita yang tidak berada di usia subur (di bawah pubertas dan wanita menopause) memiliki sensitifitas atau daya penciuman yang sama. Dengan kata lain sensitivitas penciuman ibu hamil disebabkan karena hormon estrogen.

Penelitian selanjutnya yang dilakukan Yvonne Bohn, MD, penulis The Mommy Docs Ultimate Guide to Pregnancy and Birth mengatakan bahwa tidak hanya estrogen akan tetapi human chorionic gonadotropin atau HCG yang terjadi pada ibu hamil di trimester pertama akan memicu mual, muntah dan penciuman yang lebih peka terhadap bau di sekitarnya.

Perlu anda ketahui bahwa ibu hamil memiliki sensitifitas bau yang berbeda. Meskipun tidak semua mengalami sensitivitas pada bau tertentu akan tetapi sensitivitas penciuman ini dapat menjadi salah satu tanda kehamilan. Kepekaan penciuman berbanding lurus dengan gejala morning sickness yang dialami oleh ibu hamil sehingga semakin sensitif penciuman ibu hamil maka akan menimbulkan sakit kepala, mual dan muntah selama kehamilan. Walaupun demikian sebagain ibu hamil ada yang merasa tidak terganggu dengan perubahan secara hormonal yang menyebabkannya jadi peka terhadap penciuman.

Kepekaan penciuman yang terjadi tidak menyebabkan gangguan yang berbahaya pada janin melainkan hanya berakibat morning sickness pada ibu hamil. Beberapa penolakan terhadap bau rokok, sayuran pahit, minuman berkafein dll merupakan upaya untuk menjaga agar asupan makanan terhindar dari bahaya keracunan makanan.

Baca Juga:  Kekerasan Pada Ibu Hamil Akan Dirasakan Bayinya

Agar kepekaan penciuman ini tidak menggangu aktivitas anda.Anda dapat mengganti aroma tersebut, misalnya saja ibu sangat mual terhadap aroma wangi sabun, maka anda dapat mengganti denga sabun beraroma lain. Temukan aroma yang netral dan alami untuk menggurangi morning sickness.

Sedangkan agar sensitifitas penciuman tidak menggangu asupan nutrisi maka pola makan harus disesuaikan. Selama anda memiliki kepekaaan terhadap bau maka anda dapat mengkonsumsi makanan yang tidak berbau tajam sehingga ibu lebih dapat menikmati hidangan yang ada. Anda dapat mengurangi porsi makan dengan tingkat frekuensi yang lebih sering sehingga mengurangi rasa mual.

Untuk menambah aroma segar di rumah, anda dapat menggunakan aroma terapi yang aman untuk ibu hamil. Aroma yang natural akan megurangi rasa mual dan usahakan untuk membuka jendela dan memberikan ventilasi yang baik sehingga sirkulasi udara dapat terjadi.

Dengan demikian bagi anda yang seringkali merasakan mual yang disebabkan oleh kepekaan penciuman. Maka anda tidak perlu khawatir karena setiap ibu hamil akan mengalaminya sedangkan untuk menguranginya anda dapat mengubah aroma yang anda tidak suka atau apabila berhubungan dengan pola makan atau minum maka usahakan dengan mengatur pola makan.