Ibu Hamil, Konsumsi Makanan Ini Agar Otak Janin Berkembang Dengan Baik

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu mengharapkan janin yang ada di rahimnya bisa mengalami perkembangan yang positif, baik itu perkembangan fisik maupun perkembangan otaknya. Dengan bayi yang berkembang dengan baik, maka Ia akan terlahir dengan kondisi yang sempurna. Untuk membuat perkembangan otak janin berkembang dengan baik, ibu hamil tentu harus mengkonsumsi banyak makanan yang sehat dan seimbang. Berikut adalah makanan-makanan yang direkomendasikan bagi ibu hamil agar otak janin bisa berkembang dengan baik.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Kuning telur adalah makanan pertama yang bisa dikonsumsi ibu hamil secara rutin. Hanya saja, karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan, ibu hamil terkadang merasa mual dan tidak mampu mengkonsumsi makanan ini sehingga sebaiknya tidak terlalu dipaksakan. Di dalam kuning telur sendiribisa ditemukan kolin, sebuah zat yang ada dalam vitamin B yang akan sangat baik bagi perkembangan otak sang buah hati. Selain kuning telur, kita juga bisa mengkonsumsi ayam yang sudah dikenal luas sebagai makanan yang lezat dan nikmat. Daging ayam ternyata memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu perkembangan otak pada janin. Produk daging lainnya yang bisa kita konsumsi adalah hati, baik itu dari ayam, sapi, maupun kambing. Dengan cukup mengkonsumsi hati, maka kita pun akan mendapatkan zat besi yang cukup membantu sirkulasi darah menuju janin dan mempengaruhi perkembangan otaknya.

Ikan adalah salah satu sumber makanan yang dikenal luas sangat baik bagi perkembangan otak, khususnya ikan salmon maupun ikan sarden. Ikan yang kaya akan sumber omega 3 akan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu sehingga perkembangan otak janin pun bisa maksimal.

Baca Juga:  Mengatasi Bau Mulut Selama Berpuasa

Selain konsumsi daging atau produk hewani, kita juga bisa mengimbanginya dengan produk buah-buahan atau sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Bahkan, buah-buahan sejenis stroberi atau blueberry juga sangat disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil mengingat kemampuannya menambah IQ sang buang hati. Dengan konsumsi makanan yang seimbang dan sehat, maka ibu hamil pun akan mendapatkan buah hati terlahir dengan otak yang cerdas.