Ibu Hamil, Jangan Ikuti Mitos Makanlah Untuk Dua Badan

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah kepercayaan yang banyak dipercaya oleh banyak orang dimana ibu hamil sebaiknya gemuk dan banyak mengkonsumsi makanan karena di dalam tubuh sang ibu hamil terdapat janin yang juga harus diberi makan. Memang, ibu hamil sebaiknya memang menaikkan berat badannya karena disamping memang terjadi secara alami seiring dengan berjalannya kehamilan, namun, bukan berarti ibu hamil harus mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Bagi pakar gizi Katherine Tallmadge, pola pikir ini sudah harus ditinggalkan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan sang ibu nantinya.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Menurut Tallmadge yang dikenal luas sebagai ahli diet, jika ibu hamil mengkonsumsi terlalu banyak makanan dan akhirnya mendapati dirinya kelebihan berat badan, maka setelah melahirkan Ia akan cenderung kesulitan menghilangkan timbunan lemak pada tubuhnya. Hal ini berarti ibu hamil pun pada akhirnya akan mengalami obesitas. Memang, menaikkan berat badan saat hamil itu penting, namun, ada baiknya kenaikan ini harus dijaga dengan normal.

Pakar gizi menyebutkan jika saat ibu hamil mencapai trimester kedua dan ketiga, kenaikan berat badan yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil hanyalah 450 gram saja setiap minggu. Hal ini berarti, setiap harinya ibu hamil sebaiknya hanya menambah 300 kalori dari apa yang Ia makan sehari-hari. Lepas dari makan besar yang harus rutin dikonsumsi demi menjaga sang janin tetap ternutrisi, ibu hamil bisa mendapatkan tambahan kalori ini dari dua gelas roti atau setidaknya satu porsi ikan. Tallmadge juga menekankan bahwa yang perlu diutamakan oleh ibu hamil adalah konsumsi makanan yang kaya asam folat, besi, dan kalsium demi kesehatan janinnya. Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan yang kaya lemak jenuh layaknya gorengan atau makanan cepat saji.

Baca Juga:  Apakah Perut yang Terus Berbunyi Menandakan Adanya Masalah Kesehatan?

Jadi, ibu hamil sebaiknya tidak terlalu mempercayai mitos makan banyak bisa membuat kehamilan menjadi sehat. Ingatlah bahwa saat proses kehamilan, jagalah pola makan agar selalu sehat dan bergizi seimbang demi kesehatan sang ibu dan sang buah hati.