Ibu Hamil Harus Menjaga Asupan Kalium Dengan Cukup

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil harus menjaga konsumsi makanan yang sehat dan bergizi sehari-hari karena hal ini akan berpengaruh besar bagi kesehatan tubuhnya, kesehatan kehamilan, sekaligus perkembangan janin. Salah satu asupan yang harus dicukupi setiap hari adalah kalium. Yang menarik adalah, asupan kalium ini harus dijaga agar tidak kekurangan namun juga tidak berlebihan. Apa alasan dari pentingnya menjaga asupan kalium tetap cukup bagi ibu hamil?

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obat

Pakar kesehatan menyebutkan jika asupan kalium yang cukup akan membuat tubuh ibu hamil lebih baik dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan membantu perkembangan janin. Andai asupan kalium terlalu berlebihan, maka dikhawatirkan ibu hamil mengalami hyperkalemia, kondisi dimana kadar kalium dalam darah sangatlah tinggi sehingga akan memicu gejala layaknya mual-mual, kelelahan berlebihan, otot yang terasa lemah, hingga kerap mengalami kesemutan.

Kalium memang memiliki peran besar dalam transmisi sinyal antar saraf dan juga kontraksi pada otot. Selain itu, kalium juga bisa ikut membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh, sesuatu hal yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil. Dengan konsumsi kalium yang tepat, maka ibu hamil tidak akan mudah mengalami masalah kram pada kaki.

Lantas, seberapa banyak sebenarnya asupan kalium yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya? Pakar kesehatan menyebutkan jika 4.700 mg kalium sudah cukup bagi ibu hamil setiap harinya. Bagi ibu menyusui, asupan kaliumnya bisa ditingkatkan sedikit hingga 5.000 mg setiap hari.

Apa yang terjadi andai ibu hamil kekurangan asupan kalium setiap hari? Biasanya, ibu hamil akan mudah menderita masalah diare, muntah-muntah, merasa selalu kelelahan, mengalami tekanan darah rendah, terkena masalah kulit kering, hingga terkena depresi. Bahkan, ada kasus dimana rendahnya kadar kalium pada ibu hamil bisa memicu busung pada trimester awal dan kedua kehamilan.

Baca Juga:  Kram dan Kaki Bengkak Saat Hamil

Untuk mendapatkan asupan kalium, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah-buahan layaknya pisang, alpukat, atau kurma. Beberapa jenis sayuran layaknya bayam hingga kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan. Selain itu, umbi-umbian layaknya kentang atau ubi jalar juga bisa menjadi makanan yang akan memenuhi asupan kalium harian bagi ibu hamil.