Ibu Hamil Harus Memastikan Asupan Vitamin D Cukup Agar Tidak Melahirkan Anak Autis

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu akan berusaha sebaik mungkin mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi harian dengan harapan kesehatan dan juga perkembangan janin bisa tetap terjaga dengan baik. Salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kehamilan dan harus selalu dipenuhi oleh ibu hamil adalah vitamin D. Begitu pentingnya nutrisi ini karena andai ibu hamil mengalami kekurangan asupan vitamin D, dikhawatirkan Ia bisa melahirkan anak yang terkena kondisi autis. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang hasilnya dirilis dalam jurnal Molecular Psychiatry pada bulan November 2016. Dari penelitian ini, ada 4.200 sampel darah dari ibu hamil dan juga anak-anaknya yang akan diteliti kadar vitamin D-nya. Sampel darah para ibu hamil ini sendiri diambil pada saat usia kehamilan mencapai 21 minggu, setelah proses persalinan, dan pada saat anak sudah berusia enam tahun. Setelah selesai mendapatkan sampel darah tersebut, diketahui bahwa ibu hamil yang cenderung kurang mendapatkan asupan vitamin D selama kehamilan, cenderung memiliki anak yang nantinya pada usia enam tahun menunjukkan ciri-ciri autisme. Fakta ini sangat berkebalikan dengan yang terjadi pada ibu hamil yang mencukupi kebutuhan vitamin D setiap hari yang tidak mengalaminya.

Hasil penelitian ini ternyata tidak begitu mengejutkan bagi pakar kesehatan mengingat telah ada berbagai penelitian yang menunjukkan fakta bahwa vitamin D memang memberikan pengaruh besar bagi perkembangan otak janin selama dalam kehamilan. Tak hanya berpengaruh pada kecerdasan dan juga resiko terkena autisme, andai ibu hamil yang kekurangan vitamin D juga akan membuat anaknya lebih beresiko terkena penyakit asma dan juga skizofrenia.

Lantas, apa yang perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk tetap mencukupi asupan vitamin D dengan baik? Pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil tinggal rajin-rajin menikmati sinar matahari di pagi hari. Selain itu, konsumsi makanan layaknya telur, susu, ikan sarden, dan juga ikan salmon yang dikenal kaya akan vitamin D juga bisa dilakukan ibu hamil dengan rutin.