Ibu Hamil Dilarang Mengkonsumsi Es Krim?

DokterSehat.com – Siapa yang tidak tergoda dengan nikmatnya es krim? Pakanan satu ini tak pernah kehilangan penggemarnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa gemar menyantap es krim. Sayangnya, dalam kondisi tertentu hasrat untuk mengkonsumsi es krim harus dibatasi, misalnya saat sedang mengandung.



Dalam beberapa kasus, es krim aman untuk anda konsumsi, tetapi tindakan pencegahan sangat diperlukan dimana anda harus tahu es krim tersebut tidak terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Tanyakan kepada dokter Anda es krim apa yang aman untuk dikonsumsi selama hamil.

Selama hamil Anda boleh-boleh saja mengkonsumsi makanan yang manis, asal tidak berlebihan. Mengkonsumsi makanan manis seperti es krim secara berlebihan mungkin bisa mengakibatkan berat badan Anda naik dan tidak sehat sebab es krim mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi. Tapi, es krim tidak sepenuhnya buruk untuk dikonsumsi karena dalam es krim terkandung kalsium yang sangat baik untuk bayi, terutama untuk tulang dan giginya.

Sayangnya, es krim berisiko tinggi menyebabkan listeria, yakni infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Listeria monocytogene. Bakteri ini merupakan bakteri patogen yang dapat tumbuh subur di suhu yang dingin dan dapat bertahan hidup pada saluran pencernaan. Jika makanan yang tercemar dikonsumsi dan bisa menembus pada dinding usus kemudian mengikuti aliran darah sampai menembus plasenta maka bisa mengakibatkan keguguran atau bayi meninggal.

Bakteri ini kerap kali ditemukan dalam makanan yang terdapat di toko-toko seperti toko susu, keju, dan daging. Mesin pendingin juga rawan menjadi tempat hidup listeria. Jika mesin pendingin tidak dibersihkan dengan benar, maka listeria dapat berkembang di dalam mesin pendingin dan menjalar ke es krim tersebut. Karena itu disarankan untuk mengkonsumsi es krim yang mengandung susu pasteurisasi.

Baca Juga:  Vaksinasi Ulang Tidak Akan Memberikan Efek Samping

Susu pasteurisasi adalah susu sapi yang diolah dengan proses pemanasan suhunya hingga 75 derajat celcius dalam waktu 15 detik. Proses ini berfungsi untuk mencegah rusaknya kandungan dalam susu sehingga kualitas nutrisi dan aktivitas mikroorganisme dapat terjaga. Karena itulah es krim yang mengandung susu pasteurisasi aman dikonsumsi saat hamil.

Selain itu, jika ingin mengkonsumsi es krim, pastikan pula kebersihan tempat penyimpanan dalam toko. Jangan membeli es krim di tempat yang kotor dan tidak terawat. Karena dalam setiap makanan tersebut, listeria tidak dapat dideteksi, tidak seperti jenis bakteri yang lain, karena itu pembekuan terhadap es krim tidak mempengaruhi listeria sehingga masih bisa tumbuh di dalam es krim itu sendiri.