Ibu Hamil Dilarang Mengonsumsi Es Krim?

doktersehat demam makan es krim
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.com – Siapa yang tidak tergoda dengan nikmatnya es krim? Makanan dingin yang satu ini tak pernah kehilangan penggemarnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa gemar menyantap es krim. Sayangnya, dalam kondisi tertentu hasrat untuk mengonsumsi es krim harus dibatasi, misalnya saat sedang mengandung.

Dalam beberapa kasus, es krim aman untuk Anda konsumsi, tetapi tindakan pencegahan sangat diperlukan dimana Anda harus tahu es krim tersebut tidak terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Tanyakan kepada dokter Anda, es krim apa yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?

Sebenarnnya, selama hamil Anda boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang manis, asal tidak berlebihan. Mengonsumsi makanan manis seperti es krim secara berlebihan mungkin bisa mengakibatkan berat badan Anda naik dan tidak sehat sebab es krim mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi.

Es krim tidak sepenuhnya buruk untuk dikonsumsi karena dalam es krim terkandung kalsium yang sangat baik untuk bayi, terutama untuk tulang dan giginya.

Nutrisi Dalam Es Krim

Jika Anda sesekali memanjakan diri dengan es krim, Anda tidak akan membahayakan bayi dalam kandungan. Mari kita lihat apa saja manfaat dan risiko dari es krim favorit Anda:

  • Setengah cangkir es krim mengandung sekitar 16 gram tambahan gula dan 111 kalori.
  • Peluang Anda untuk persalinan seksio sesaria meningkat jika Anda terlalu banyak mengonsumsi eskrim yang menyebabkan berat badan bertambah saat hamil.
  • Berat badan bayi Anda mungkin terlalu tinggi dan mungkin sulit bagi Anda untuk melahirkan.
  • Manfaat es krim untuk ibu hamil di sisi lain, menawarkan kalsium yang sehat yang membantu perkembangan tulang dan gigi bayi Anda.

Sayangnya, es krim berisiko tinggi menyebabkan listeria, yakni infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Listeria monocytogene. Bakteri ini merupakan bakteri patogen yang dapat tumbuh subur di suhu yang dingin dan dapat bertahan hidup pada saluran pencernaan. Jika makanan yang tercemar dikonsumsi dan bisa menembus pada dinding usus kemudian mengikuti aliran darah sampai menembus plasenta maka bisa mengakibatkan keguguran atau bayi meninggal.

Bakteri ini kerap kali ditemukan dalam makanan yang terdapat di toko-toko seperti toko susu, keju, dan daging. Mesin pendingin juga rawan menjadi tempat hidup listeria. Jika mesin pendingin tidak dibersihkan dengan benar, maka listeria dapat berkembang di dalam mesin pendingin dan menjalar ke es krim tersebut. Karena itu disarankan untuk mengonsumsi es krim yang mengandung susu pasteurisasi.

Susu pasteurisasi adalah susu sapi yang diolah dengan proses pemanasan suhunya hingga 75 derajat celcius dalam waktu 15 detik. Proses ini berfungsi untuk mencegah rusaknya kandungan dalam susu sehingga kualitas nutrisi dan aktivitas mikroorganisme dapat terjaga. Karena itulah es krim yang mengandung susu pasteurisasi aman dikonsumsi saat hamil.

Selain itu, jika ingin mengonsumsi es krim, pastikan pula kebersihan tempat penyimpanan dalam toko. Jangan membeli es krim di tempat yang kotor dan tidak terawat. Karena dalam setiap makanan tersebut, listeria tidak dapat dideteksi, tidak seperti jenis bakteri yang lain, karena itu pembekuan terhadap es krim tidak memengaruhi listeria sehingga masih bisa tumbuh di dalam es krim itu sendiri.

Tips Mengonsumsi Es Krim bagi Ibu Hamil

Tidak perlu panik atau menahan diri sepenuhnya dari es krim favorit Anda. Es krim untuk ibu hamil yang terbuat dari susu pasteurisasi benar-benar aman dan Anda dapat menikmatinya tanpa khawatir. Berikut beberapa kiat lainnya:

  • Pastikan Anda membeli es krim dari merek terkenal dari toko terkenal yang mengikuti metode higienis.
  • Anda juga dapat memeriksa dengan manajemen jika mesin dibersihkan secara teratur.
  • Meskipun pembekuan menghancurkan berbagai jenis bakteri, tidak demikian halnya untuk listeria. Bakteri masih bisa tumbuh pada es krim di freezer.
  • Hindari es krim dari warung pinggir jalan dan pameran, karena sangat mungkin bahwa mereka ditak mengikuti langkah-langkah higienis.
  • Lebih baik membeli es krim scooped. Karena sendok umumnya bersih dan dimaksudkan untuk satu pelanggan.
  • Anda dapat memilih untuk membeli karton atau es krim dan menikmatinya dalam kelompok atau di rumah.
  • Jika Anda sadar kesehatan sejauh yang Anda pikirkan sebelum mengonsumsi es krim, cobalah yoghurt dengan buah-buahan segar dan sirup cokelat.

Kesalahpahaman Tentang Es Krim dalam Kehamilan

Terlepas dari manfaat dan risiko es krim dalam kehamilan, ada beberapa kesalahpahaman yang terkait dengannya. Mari kita simak:

  • Tidak ada apa pun selain mitos bahwa es dingin dari es krim dapat memengaruhi otak bayi Anda.
  • Anda tidak akan menghabiskan berjam-jam makan es krim, dingin tidak dapat memengaruhi janin Anda!
  • Wanita hamil umumnya puas dengan satu atau dua porsi es krim yang tidak mengekspos perut Anda ke dalam dingin dengan cara apa pun.
  • Selain itu, pada saat es krim masuk ke dalam perut Anda, sudah meleleh sepenuhnya karena suhu tubuh Anda.
  • Jika Anda terkena dingin yang ekstrem terlalu lama, detak jantung Anda akan melambat dan aliran darah ke janin juga akan berkurang.

Pastikan untuk bertanya kepada dokter jika Anda dapat mengonsumsi es krim saat hamil untuk menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan. Anda juga bisa menikmatinya dalam jumlah sedang.

Ternyata ibu hamil aman mengonsumsi es krim, tapi jangan terlalu banyak ya Bunda! Karena berlebihan itu selalu tidak baik.