Ibu Hamil Bisa Kehilangan Nafsu Makan

DokterSehat.Com – Dikarenakan adanya perubahan hormon dan juga bentuk tubuh, ibu hamil bisa saja merasakan nafsu makannya semakin berkurang. Masalahnya adalah, ibu hamil harus makan dengan teratur dan memakan makanan yang bergizi agar kesehatan janinnya bisa terjaga. Biasanya, ibu hamil akan cenderung kehilangan nafsu makan pada minggu-minggu pertama kehamilannya. Pada masa ini, ibu hamil cenderung lebih sensitif pada bau-bauan dan bau makanan yang biasanya bisa mengundang selera makan kini justru bisa menjadi penyebab nafsu makan berkurang drastis. Beberapa ibu hamil bahkan merasa mual jika menghirup bau makanan. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini?

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Kita tentu tidak bisa membiarkan ibu hamil tidak bisa makan sama sekali karena bisa membayakan kehamilannya sekaligus kesehatannya sendiri. Setidaknya, kita harus memastikan ibu hamil bisa makan dengan teratur agar tubuhnya masih bisa mendapatkan asupan gizi yang baik. Beberapa cara dapat kita lakukan untuk mensiasati nafsu makan yang berkurang drastis pada ibu hamil. Sebagai contoh, ibu hamil bisa mencoba untuk mengurangi porsi makan sehingga setidaknya perutnya tidak akan kosong. Jika bisa, ibu hamil bisa menambah frekuensi makan meskipun dengan porsi yang cenderung kecil. Ibu hamil yang biasanya merasa mual di pagi hari juga bisa menghindari makan besar dan kaya karbohidrat layaknya nasi dan memakan makanan yang tidak membuat perut langsung terasa penuh.

Ada beberapa jenis makanan yang diyakini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil meskipun nafsu makannya sedang menghilang. Makanan layaknya pisang, gandum, atau bahkan roti panggang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi yang cenderung berat. Selain itu, ada baiknya kita menghindari makanan yang berlemak dan keras serta sulit dicerna karena bisa membuat nafsu makan langsung menghilang begitu saja. Makanan yang cenderung pedas, atau amis layaknya ikan dan telur juga cenderung akan mudah membuat mual sehingga bisa dihindari terlebih dahulu.

Baca Juga:  Tips Merangsang Kecerdasaan Calon Bayi dalam Kandungan

Untuk membangkitkan nafsu makan, ibu hamil bisa mengkonsumsi minuman hangat layaknya teh atau jahe. Selain itu, permen dengan rasa yang cenderung asam layaknya permen rasa lemon juga bisa membuat rasa mual jauh berkurang sehingga ibu hamil pun bisa mengkonsumsi banyak makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan janinnya.