Ibu Hamil Bertubuh Pendek? Waspadai Munculnya Masalah Saat Melahirkan Ini

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang melibatkan 3 ribu perempuan menghasilkan fakta yang cukup mengejutkan dimana ibu hamil yang memiliki tinggi badan pendek cenderung mudah mengalami beberapa jenis masalah saat melahirkan. Apa sajakah masalah tersebut?

doktersehat-hamil-kehamilan-anak-laki

Melahirkan bayi secara prematur
Ibu hamil dengan postur yang pendek ternyata lebih beresiko melahirkan bayi secara prematur. Yang menjadi masalah adalah, kelahiran bayi yang prematur bisa membuat bayi lebih beresiko terkena masalah pernafasan atau pencernaan.

Sulit untuk melahirkan dengan normal
Cukup banyak ibu hamil dengan postur tubuh yang pendek yang panggulnya ternyata tidak cukup untuk dilewati kepala bayi jika ingin melahirkan dengan normal. Alhasil, ada kemungkinan mereka melakukan proses persalinan dengan Caesar.

Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah
Karena ukuran rahim ibu hamil dengan postur yang pendek juga lebih kecil, bayi tentu tidak akan memiliki ruang yang cukup untuk berkembang sehingga perkembangannya pun cenderung terhambat. Yang menjadi masalah adalah, bayi yang terlahir dengan berat atau tinggi badan yang rendah juga bisa mempengaruhi perkembangan tinggi dan berat badan nantinya.

Kesulitan janin untuk lahir
Jika ibu hamil dengan postur tubuh pendek berusaha untuk melahirkan dengan normal dan akhirnya kesulitan untuk melakukannya, bisa jadi janin akan mengalami ketidaknyamanan dan bisa saja kekurangan asupan oksigen yang sangat penting untuk bertahan hidup.

Pendarahan yang berlebihan
Karena tekanan untuk melakukan proses persalinan lebih tinggi bagi ibu hamil dengan postur tubuh yang pendek, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan jaringan pada organ vital wanita yang memicu pendarahan yang berlebihan.

Bagaimana cara mengatasinya?
Ibu hamil dengan postur tubuh yang pendek sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat demi menjaga kondisi kehamilan. Tak hanya itu, berkonsultasi dengan dokter bisa membantu ibu hamil menentukan proses persalinan yang terbaik dan aman baik itu bagi dirinya sendiri atau bagi buah hatinya.