Ibu Hamil, Banyak-Banyaklah Mengkonsumsi Buah

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan sendiri sangat merekomendasikan konsumsi buah setiap harinya mengingat banyaknya nutrisi baik yang akan didapatkan oleh tubuh kita. Beberapa penelitian menyebutkan jika konsumsi buah secara rutin akan membuat kita terhindar dari masalah obesitas atau bahkan beberapa penyakit layaknya alzheimer. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan betapa baiknya konsumsi buah-buahan jika dilakukan oleh ibu hamil.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Penelitian yang dilangsungkan di Edmonton, Kanada, dan melibatkan sampel lebih dari 688 anak ini menunjukkan fakta menarik dimana jika ibu hamil rutin mengkonsumsi buah-buahan selama masa kehamilan, maka ia akan cenderung melahirkan anak yang lebih pintar jika dibandingkan dengan anak yang dilahirkan oleh ibu hamil yang jarang memakan buah. Semakin banyak buah yang dikonsumsi ibu hamil, maka semenjak lahir hingga usia 12 bulan biasanya sang anak mengalami perkembangan yang sangat baik. Jika ibu hamil mengkonsumsi enam atau tujuh buah-buahan segar atau setidaknya yang berbentuk jus setiap hari, anaknya akan cenderung memiliki IQ dengan angka tujuh poin lebih baik dari standar. Piush mandhane, pakar kesehatan dari Universitas Alberta, bahkan berkata jika ibu hamil yang banyak mengkonsumsi buah-buahan akan membantu perkembangan kognitif sang buah hati.

Hanya saja, meskipun sangat direkomendasikan, pakar kesehatan tetap menyarankan ibu hamil untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi buah-buahan mengingat ada banyak buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami. Jika terlalu banyak mengkonsumsinya, dikhawatirkan bayi bisa mengalami diabetes atau terlahir dengan bobot yang terlampau besar. Selain itu, pilihlah jus buah yang dibuat secara langsung, bukan jus kemasan yang banyak tersedia di toko-toko atau swalayan.