Ibu Hamil, Atasi Bad Mood Dengan Cara-Cara Berikut

DokterSehat.Com – Tak hanya mengalami perubahan fisik, ibu hamil juga banyak yang mengalami perubahan psikis. Kondisi kehamilan memang kerap membuat perubahan dan ketidakstabilan emosi sehingga membuat ibu hamil kerap mengalami bad mood, cemas, dan tidak tenang. Meskipun terlihat sepele, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika ada dampak buruk dari bad mood pada ibu hamil yang terus dibiarkan, yakni adanya resiko untuk melahirkan bayi prematur dengan berat badan yang terlalu ringan dan gangguan kognitif. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang ibu hamil lebih baik dalam mengatasi bad mood yang Ia alami.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Menarik nafas dalam-dalam
Cara pertama yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi bad mood adalah dengan menarik nafas dalam-dalam. Ibu hamil bisa mencari posisi tubuh yang paling nyaman; baik itu berdiri, duduk, atau bahkan berbaring, dan kemudian menarik dan menghembuskan nafas dalam-dalam secara perlahan. Setiap tarikan atau hembusan nafas sebaiknya dinikmati hingga terasa lega. Meskipun terlihat sederhana, cara ini diyakini secara efektif mampu membuat hati dan pikiran ibu hamil menjadi lebih tenang.

Mengerjakan sesuatu
Kerap kali ibu hamil mengalami bad mood karena tidak melakukan apapun karena dilarang-larang oleh keluarganya. Memang, ibu hamil tidak diperkenankan melakukan aktifitas yang berlebihan, namun, ada baiknya ibu hamil tetap aktif atau diperbolehkan melakukan kegiatan yang disukai agar bisa mendapatkan kesehatan psikis yang lebih baik.

Bercerita dengan orang lain
Saat suasana hati memburuk atau ada perasaan yang mengganjal, ada baiknya ibu hamil segera menceritakannya dengan orang-orang terdekat. Dengan mengeluarkan semua unek-uneknya, maka suasana hati ibu hamil bisa menjadi lebih nyaman. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika cukup banyak ibu hamil yang mengalami bad mood gara-gara merasa kesepian dan kurang didukung oleh keluarganya.