Ibu Hamil Akan Cenderung Mudah Gerah, Benarkah?

DokterSehat.Com – Meskipun tidak selalu dirasakan oleh semua ibu hamil, banyak ibu hamil yang mengakui jika mereka akan cenderung lebih gerah jika dibandingkan dengan masa-masa dimana mereka tidak dalam kondisi hamil. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika hal ini terjadi karena perubahan hormon pada masa kehamilan yang membuat aliran darah pada kulit menjadi lebih banyak sehingga memicu suhu tubuh yang semakin meningkat. Meskipun membuat rasa tidak nyaman, asalkan tidak melebihi batas suhu tubuh yang normal, masalah ini tidak perlu dikhawatirkan oleh ibu hamil.

shutterstock_313263605 copy

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika selain adanya peningkatan aliran darah, adanya bayi yang ada di dalam rahim, khususnya saat usia kehamilan menginjak trimester akhir akan membuat ibu hamil menjadi lebih gerah dan lebih banyak berkeringat. Berkeringat ini sendiri adalah proses alami tubuh agar tubuhnya tetap dalam suhu yang normal, mengingat ibu hamil jika melakukan aktifitas akan memicu rasa gerah dan panas denagn lebih cepat dari biasanya. Pertanyaannya adalah, sebelum membuat rasa semakin tidak nyaman, apakah ada cara agar ibu hamil bisa mengatasi masalah kegerahan ini?

Pakar kehamilan menyebutkan jika ibu hamil harus pandai-pandai melakukan latihan pernafasan agar tidak mudah merasakan gerah. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya tinggal di dalam ruangan yang cenderung sejuk dan jarang-jarang terkena sinar matahari siang secara langsung. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya mulai memperbanyak asupan cairan hairan untuk menghindari tubuh terkena masalah dehidrasi.

Jika anda adalah ibu hamil yang aktif karena harus tetap bekerja. Tak perlu khawatir, anda bisa melakukan tips sederhana yakni dengan berbaring dengan posisi kaki yang lebih rendah dari kepala setidaknya setengah jam hingga satu jam lamanya saat jam istirahat atau setelah pulang kerja. Tips ini ternyata bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu mudah merasa kegerahan.