Ibu Hamil Akan Cenderung Lebih Sering Berkeringat

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu akan merasa sangat bahagia jika mendengar dirinya hamil karena Ia pun akan bersiap untuk menjadi ibu. Namun, dibalik antusiasme menjadi ibu ini, ibu hamil sendiri haruslah mempersiapkan diri untuk mendapatkan berbagai perubahan dalam kehidupannya. Sebagaimana kita ketahui, masa kehamilan adalah masa dimana wanita harus menjaga gaya hidupnya dengan sangat hati-hati agar menunjang perkembangan sang buah hati nantinya. Selain itu, adanya perubahan hormon dan bentuk tubuh juga akan mempengaruhi kondisi tubuh ibu hamil. Salah satunya adalah dengan kecenderungan ibu hamil untuk lebih sering berkeringat.

doktersehat-wanita-hamil

Banyak ibu hamil yang mencemaskan kondisi tubuhnya yang terus mengeluarkan keringat meskipu Ia hanya duduk-duduk santai seharian. Pakar kesehatan menyebutkan jika selain perut yang cenderung membesar dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, suhu udara yang hangat juga bisa membuat ibu hamil merasa gerah dan berkeringat. Selain itu, pada masa kehamilan wanita ternyata memiliki kecenderungan aliran darah menuju kulit yang meningkat secara signifikan. Hal inilah yang pada akhirnya memicu ibu hamil merasa lebih hangat sehingga kelenjar keringat pun akan mengeluarkan banyak keringat dengan tujuan membuat suhu tubuh menjadi stabil.

Selain itu, pada masa kehamilan wanita juga mengalami kenaikan kadar hormon progresteron. Hormon ini sendiri bisa membuat pembuluh darah kecil menjadi lebih lebar dari biasanya. Pembuluh darah yang ada pada kulit ini tentu akan mendapatkan lebih banyak aliran darah sehingga ibu hamil pun cenderung merasa jauh lebih panas, gerah, dan banyak berkeringat.

Untuk menghindari hal ini berlangsung dengan berlebihan, pakar kesehatan pun menyarankan ibu hamil untuk memakai pakaian yang cenderung longgar, nyaman, dan menyerap keringat. Selain itu cobalah untuk tidak teralu banyak memakan makanan pedas dan terkena stress karena bisa memicu munculnya keringat berlebihan. Cobalah untuk sering-sering berada pada ruangan yang luas atau mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga tubuh pun akan terasa lebih sejuk dan nyaman.