Ibu Baru Bingung Dengan Bayi yang Terus Menangis? Cobalah Lakukan Hal ini Untuk Menenangkannya

DokterSehat.Com – Bagi ibu yang baru saja mendapatkan bayi untuk pertama kalinya, mereka tentu akan kebingungan saat merawat bayi, baik itu saat mengganti popok, menyusui, hingga saat bayi tiba-tiba mengangis. Banyak ibu yang panik saat bayi menangis dan kebingungan untuk menenangkannya. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan ibu untuk menenangkan bayi yang sedang menangis.

doktersehat-bayi-menangis

Mengayunkan bayi
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi adalah dengan menggendongnya dan mengayunkannya secara perlahan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Current Biology menyebutkan jika teknik ini secara ilmiah sangat efektif dalam menenangkan bayi yang sedang menangis.

Membungkus atau membedong bayi
Membungkus bayi atau yang kerap kita sebut sebagai membedong bayi adalah salah satu cara untuk menenangkan bayi yang sedang menangis yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu. Dengan membungkusnya, kita bisa membuat bayi terasa nyaman dan lebih aman. Hanya saja, pastikan bahwa kaki bayi tetap dalam posisi seperti katak, bukannya lurus, untuk membuat bayi terasa nyaman.

Menyalakan mesin pengering rambut
Dokter spesialis anak bernama Havey Karp berkata bahwa saat di dalam rahim, bayi kerap mendengar suara aliran darah yang ada di sekitar plasenta. Suara ini ternyata cenderung mirip dengan suara mesin pengering rambut, suara air mengalir, atau suara deru mobil. Dengan memperdengarkan suara-suara tersebut pada bayi yang menangis, diharapkan bayi bisa lebih mudah ditenangkan saat menangis.

Jalan-jalan
Cobalah mengajak bayi ke luar rumah saat Ia susah ditenangkan tatkala menangis. Dengan mendapatkan udara segar dan juga pemandangan baru, bayi pun akan menjadi tidak bosan dan lebih tenang.

Baca Juga:  Jangan Dilempar-Lempar, Dokter Lebih Menyarankan Cara Berikut Dalam Memijat Bayi

Memberikan sentuhan pada bayi
Bayi yang menangis bisa jadi disebabkan oleh keinginan untuk mendapatkan sentuhan ibunya. Karena alasan ini, cobalah untuk memeluknya, mengusapnya, atau memberikan pijatan pada bayi dengan lembut agar bisa lebih tenang.