Hypno-birthing (Upaya melahirkan nyaman tanpa komplikasi)

DokterSehat.ComHypno-birthing bukan hanya meningkatkan ketenangan selama hamil, proses melahirkan dan juga masa nifas. Hypno-birthing juga mengajarkan ibu hamil untuk menyatu dengan gerak dan ritme tubuhnya saat menjalani proses melahirkan, membiarkan tubuh dan pikirannya untuk bekerja, serta menyakini bahwa tubuhnya mampu berfungsi seimbang dan alami.



Hypno-birthing berasal dari kata “hypnosis” dan “birthing”. Hypnosis yang berasal dari kata hypnos (bahasa Yunani) adalah nama Dewa Tidur. Arti tidur di sini adalah pikiran yang tenang. Sedangkan “birthing” (bahasa Inggris) berarti proses persalinan.Terapi ini adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan selama hamil, proses melahirkan dan juga masa nifas. Kehamilan adalah sebuah reaksi berantai yang sangat mengagumkan dan membentuk ikatan seumur hidup yang takkan terlepaskan. Dasar kesehatan manusia diawali sejak dalam kandungan.Selain nutrisi, janin juga memerlukan getaran ketenangan dan kedamaian.

Relaksasi dan Hypno-birthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan selama hamil, proses melahirkan
dan masa nifas.Hypno-birthing merupakan salah satu teknik autohipnosis (self hypnosis), yaitu upaya alami dalam menanamkan niat positif/sugesti ke jiwa atau pikiran bawah sadar dalam menjalani masa kehamilan dan persiapan persalinan. Dengan demikian ibu hamil dapat menikmati indahnya masa kehamilan dan lancarnya proses persalinan.

Metode hypno-birthing ini didasarkan pada keyakinan bahwa setiap perempuan memiliki potensi untuk menjalankan proses melahirkan secara alami, tenang, dan nyaman (tanpa rasa sakit). Program ini mengajarkan ibu hamil untuk menyatu dengan gerak dan ritme tubuhnya saat menjalani proses melahirkan, membiarkan tubuh dan pikirannya untuk bekerja, serta menyakini bahwa tubuhnya mampu berfungsi sebagaimana seharusnya sehingga rasa sakit menghilang.

Hypno-birthing adalah pendekatan yang efektif untuk menetralisir dan memprogram ulang (reprogramming) rekaman negatif dalam pikiran bawah sadar dengan program positif. Hasilnya, rekaman yang tertanam dalam pikiran bawah sadar bahwa persalinan yang menakutkan dan menyakitkan itu bisa terhapus dan berganti dengan keyakinan baru bahwa persalinan berlangsung sangat spiritual, mudah, lancar, dan nyaman.

Baca Juga:  Dokter Bunindro Tjokrodipo

Silahkan baca : Testimoni Klien Hypno-birthing Indonesia

Mulanya banyak orang terkejut dengan ide menggunakan hipnosis untuk proses persalinan. Namun, sebenarnya teknik hipnosis untuk persalinan ini sudah ada sejak tahun 1920-an. Ada beberapa ahli terkenal sudah melakukan berbagai usaha untuk perkembangan metode-metode yang digunakan untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi stress, meredakan nyeri persalinan, meningkatkan perkembangan persalinan dan memperkuat ikatan orang tua dan anak sejak dini, salah satunya adalah dengan hypno-birthing.

Informasi lebih lengkap :Hypno-birthing Indonesia melahirkan dengan nyaman