Hypnic Jerk, Sensasi Tubuh Kita Layaknya Terjatuh Saat Tidur

DokterSehat.Com – Pernahkah kita memperhatikan anggota keluarga lain atau teman kita yang sedang tertidur? Kadangkala mereka membuat gerakan yang tiba-tiba pada tubuhnya atau yang cukup ekstrim adalah dengan tiba-tiba berkata sesuatu atau terbangun sejenak untuk mengeluarkan beberapa kata dan kemudian tertidur kembali. Kadangkala, kita juga kaget karena mengalami kondisi layaknya terpeleset atau terjatuh di saat tidur hingga akhirnya kita terbangun. Apakah hal ini adalah hal yang normal?

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini hampir dialami oleh semua orang dan dalam dunia medis, hal ini ternyata bukan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Dunia medis ternyata menyebut jika kita mengalami kondisi dimana tubuh tiba-tiba merasa terjatuh sebagai kondisi hypnic jerk. Seringkali hal ini terjadi jika tubuh berada dalam kondisi yang sangat lelah dan kita berada dalam tahapan awal tidur. Uniknya, rasa kaget dan gerakan ini justru terjadi karena tubuh mengeluarkan mekanisme perlindungan alami secara refleks.

Kita bisa mengenal beberapa tahapan dalam tidur yang mempengaruhi munculnya kondisi hypnic jerk ini. Tahapan pertama dalam tidur adalah tahapan non REM (Rapid Eye Movement) dimana tubuh sedang dalam kondisi sadar dan tidak sadar. Setelah kita mulai beranjak tidur, tubuh pun berada dalam kondisi REM dimana kita sudah mulai terlelap dan bahkan bermimpi. Uniknya, dalam tahapan ini otak masih mengeluarkan gelombang yang setara layaknya saat tubuh kita sedang sadar ke seluruh tubuh. Barulah saat tidur kita sudah semakin dalam, berbagai fungsi otak mulai melumpuh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas tanpa gangguan.

Hypnic jerk akan terjadi jika kita sudah merasa sangat lelah, namun segera tertidur dalam kondisi melewati tahapan non REM. Hal ini berarti berbagai fungsi otak dan juga fungsi tubuh tiba-tiba mengalami penurunan dan pada akhirnya mempengaruhi berbagai indera tubuh sehingga jika kita mengalami sensasi terjatuh pada saat tertidur, maka kita bisa langsung bangun dan terkaget-kaget.

Baca Juga:  Telur Puyuh Bisa Bikin Awet Muda

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk membuat kondisi tempat tidur senyaman mungkin untuk menghindari kondisi hypnic jerk ini. Selain itu, cobalah untuk menghindari konsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur.