Hyperaldosteronism

DokterSehat.com – Hyperaldosteronism merupakan kondisi dimana produksi aldosteron berlebihan hingga penumpukan cairan  dan tekanan darah meningkat, lemah, dan jarang terjadi kelumpuhan.



  • Tumor pada kelenjar adrenalin atau kemungkinan reaksi terhadap beberapa penyakit
  • Tingginya kadar aldosterone bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi dan kadar potassium rendah. Sementara rendahnya kadar potassium bisa mengakibatkan kelemahan, kejang otot, geli, dan priode kelumpuhan sementara.
  • Untuk menekan aksi aldosteron terkadang tumor diangkat atau mengkonsumsi obat-obatan.

Aldosteron dalah hormon yang diprodusi oleh kelenjar adrenalin, memberi pesan kepada ginjal untuk mengeluarkan sedikit sodium dan banyak potassium. Sebagian produksi aldosteron diatur oleh kortikotropin dan sebagian melalui sistem renin-angiotensin-aldosteron.

Penyebab

Hyperaldosteronism dapat disebabkan oleh sebuah tumor pada kelenjar adrenalin, meski terkadang kedua kelenjar ikut serta dan terlalu aktif. Terkadang hyperaldosteronism adalah reaksi untuk penyakit tertentu, seperti tekanan darah yang sangat tinggi (hipertensi) atau penyempitan pada salah satu arteri menuju ginjal.

Gejala

Tingginya aldosteron membuat kadar potassium menjadi rendah. Kadar potassium rendahkerap tidak menunjukkan gejala namun dapat mengakibatkan kelemahan, kejang otot, geli, dan kelumpuhan sementara. Pada beberapa orang akan merasa sangat haus dan sering berkemih.

Pengobatan

Bila ditemukan tumor biasanya bisa diangkat dengan operasi. Saat tumor diangkat maka gejala-gejala akan menghilang 70 persen setiap waktu. Bila tidak ditemukan tumor dan kedua kelenjar terlalu aktif maka pengendalian tekanan darh tinggi tidak bisa dilakukan dengan pengangkatan sebagian besar kelenjar adrenalin.

Pengangkatan sepenuhnya akan menghasilkan penyakit Addison, diperlukan pengobatan untuk bertahan hidup. Meskipun begitu, spironolactone atau eplerenone biasanya bisa mengendalikan gejala-gejala, dan obat-obatan untuk tekanan darah tinggi segera tersedia. Jarang kedua kelenjar adrenalin harus di angkat.