Hydrocephalus Pembengkakan Cairan Di Kepala

DokterSehat.Com – Hidrosefalus adalah jenis penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak ( cairan serebro spinal ). Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya, khususnya pusat-pusat saraf yang vital.

7

Dalam hal ini kepala membengkak karena cairan otak. Kebanyakan cairan itu dihasilkan dalam rongga-rongga otak. Benda itu lambat laun mengaliri seluruh rongga otak bahkan yang di luarnya termasuk ronga saraf belakang. Biasanya cairan ini diserap sebanyak yang dihasilkan : tetapi dalam hal kepala busung, cairan itu terlalu banyak dihasilkan, atau penyerapan kurang lancar atau terjadi penyumbatan pada alirannya. Dengan demikian cairan itu lama kelamaan bertambah banyak sehingga menambah tekanan di dalam otak.

Penyakit kepala busung ini banyak yang terbawa lahir. Dalam hal itu kepala bayi membesar dan otaknya mengecil karena tekanan. Biasanya pembesaran kepala bayi itu tidak terlihat sampai beberapa minggu atau beberapa bulan setelah ia dilahirkan. Kalau tidak berhasil mengobatinya, maka dalam beberapa bulan atau beberapa tahun dia akan meninggal.

Kelebihan cairan itu dapat dialirkan melalui pipa plastik ke dalam pembuluh nadi balik, atau rongga tubuh atau jantung itu sendiri. Mintalah nasehat seorang dokter ahli saraf.