Hula Hoop, Olahraga Asyik yang Bisa Membakar Banyak Kalori

DokterSehat.Com – Hula hoop adalah salah satu permainan yang cukup banyak disukai oleh anak-anak. Namun, tahukah anda jika hula hoop juga bisa dijadikan sebagai salah satu olahraga yang menyenangkan untuk dimainkan. Beberapa cabang olahraga senam di Olimpiade bahkan memakai hula hoop sebagai salah satu peralatannya. Hula hoop sendiri kerap dipakai kaum hawa sebagai salah satu peralatan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih langsing. Sebenarnya, apa sajakah manfaat jika kita memakai berolahraga dengan hula hoop?

doktersehat-hula-hoop-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika hula hoop sangat baik bagi kesehatan otot pada tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan jika kita melakukan olahraga ini, maka ita bisa menggerakkan lebih dari 30 otot-otot pada tubuh kita. Aktifnya otot tubuh tentu akan berimbas positif bagi kesehatan tubuh kita, bukan? Hal ini dikarenakan jika otot menjadi lebih aktif, maka tekanan pada otot yang bisa membuatnya terasa sakit akan segera menghilang. Bagian otot yang paling mendapatkan keuntungan jika kita melakukan olahraga ini adalah otot di sekitar pinggang yang memang posisi dimana hula hoop dimainkan. Tak hanya itu, sirkulasi dalam darah juga akan menjadi lebih lancar sehingga banyak sistem di dalam tubuh akan bekerja dengan lebih baik.

Dengan bermain hula hoop, kita juga bisa membuat tulang belakang menjadi lebih baik dan cenderung lebih lentur. Kita juga akan lebih baik dalam mencegah rasa sakit pada punggung kita. Selain itu, olahraga ini juga akan sangat baik bagi mereka yang ingin membakar kalori dalam jumlah yang tinggi. Jika kita melakukan olahraga ini dengan intensitas yang cukup tinggi setidaknya dalam durasi satu jam penuh, maka kita bisa membakar kalori sebanyak 300 hingga 400 kalori. Jumlah yang cukup banyak, bukan?

Baca Juga:  Alat Kontrasepsi Terbaik, Kontrasepsi Suntikan

Bermain hula hoop juga akan membuat jantung dan sistem kardiovaskular kita menjadi lebih sehat. Alhasil, kita pun akan semakin baik dalam mencegah munculnya penyakit jantung atau bahkan serangan stroke.