Apakah Hujan-hujanan Berbahaya Bagi Tubuh? Ini Fakta Medisnya

DokterSehat.Com – Saat kita kecil, orang tua kita tentu sering sekali melarang kita untuk hujan-hujanan karena bisa membuat tubuh kita terkena pilek dan demam. Padahal, anak kecil tentu sangat berharap bisa bermain di bawah hujan yang deras karena akan sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Apakah benar hujan-hujanan bisa memberikan dampak kesehatan yang buruk bagi tubuh?

doktersehat-anak-kecil-hujan

Hujan-hujanan ternyata memang bisa menyebabkan penyakit. Pakar kesehatan berkata bahwa hujan-hujanan bisa membuat tubuh terserang flu, pusing, dan badan meriang yang disertai demam tinggi. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Air hujan yang terasa segar ini ternyata memiliki suhu yang cenderung dingin dan kontras dengan suhu hangat tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh pun menurun. Selain itu, tubuh juga terkena penyempitan pembuluh darah pada area hidung dan tenggorokan sehingga pilek dan batuk pun akan segera datang. Suhu yang mendadak berubah pun membuat kepala menjadi pusing.

Pernah mendengar mitos gerimis bisa menyebabkan rasa sakit lebih cepat daripada hujan lebat? Hal ini ternyata benar adanya secara medis. Gerimis ternyata membawa sifat asam yang lebih tinggi karena diturunkan setetes demi setetes gerimis. Berbeda dengan hujan deras, asam justru menjadi lebih tersebar karena diturunkan layaknya siraman air, bukannya tetes demi tetes yang memiliki konsentrasi asam tinggi. Hindari hujan-hujanan saat gerimis tiba dan jika sudah terlanjur, ada baiknya anda langsung basahi kepala dengan air hangat agar tubuh anda tidak mudah terkena penyakit.

Hujan yang baru pertama kali datang setelah musim kemarau panjang ternyata juga tidak baik bagi tubuh. Banyak zat berbahaya pada atmosfer yang pada akhirnya ikut terbawa dengan air hujan pertama dan jika kita hujan-hujanan, bisa jadi banyak partikel layaknya logam dan berbagai polutan justru mengenai tubuh dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun drastis dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Kita juga sebaiknya tidak meminum air hujan, sehaus apapun tubuh kita karena air hujan ternyata bukan air murni dan memiliki banyak sekali jenis bakteri. Selain itu, banyaknya kandungan zat berbahaya layaknya timbal dan minoksida yang turun bersama air hujan tentu bisa menyebabkan masalah pada mulut dan juga saluran pencernaan.