Hubungan Telepon Seluler Dan Kanker Benarkah Ada

DokterSehat.Com – Orang-orang telah mengkhawatirkan sejak bertahun yang lalu bahwa penggunaan telepon genggam  dapat terkait dengan kanker otak dan penyakit mematikan lainnya. Namun sejauh ini, belum pernah ada bukti yang sungguh mengkhawatirkan yang benar-benar membuat takut para pemakai setia telepon genggam. Akhirnya sekarang, sebuah studi besar  yang dilakukan oleh National Institute of Health telah menemukan sesuatu yang sangat mengkhawatirkan.



Jika Anda menggunakan ponsel selama beberapa menit, fakta bahwa telepon diletakkan dekat ke telinga Anda, menyebabkan gelombang radio yang berasal dari telepon menyebabkan jaringan otak yang terdekat dengan telinga tersebut bekerja pada tingkat yang lebih tinggi. Hal ini membawa banyak perhatian terhadap jenis emisi radio yang berasal dari telepon. Radiasi telepon yang sepertinya rendah dan tidak berbahaya sejauh ini, kini ada bukti yang bisa diukur. Jadi apakah benar hubungan antara ponsel dan kanker otak kini telah terbukti?

Tidak juga. Studi hanya mengetahui apa yang diketahui, bahwa radiasi dari telepon genggam bisa membuat bagian otak yang terdekat dengan telinga telepon Anda menjadi cepat bereaksi. Itulah yang mereka lihat pada scan otak yang dilakukan terhadap lusinan orang. Mereka tidak benar-benar mengetahui apakah memiliki bagian otak yang meningkat kecepatannya dengan cara ini sungguh mempengaruhi apapun.

Sampai studi ini keluar, tidak ada seorangpun yang pernah membuktikan bahwa sinyal radio lemah dari telepon genggam bisa mempengaruhi otak. Kenyataan bahwa hal itu kini sudah terbukti positif bisa menjadi langkah pertama untuk membuktikan bahwa mungkin ada hubungan antara telepon genggam dengan kanker otak. Apa yang perlu dilakukan pemerintah sekarang adalah memberikan dana pada studi yang mencoba membuktikan  apa yang terjadi saat otak dipercepat dengan cara ini melalui radiasi. pada seseorang yang benar-benar memiliki kebiasaan menelepon yang parah, apakah percepatan ini benar bisa menyebabkan kanker setelah penggunaan telepon selama bertahun-tahun?

Baca Juga:  Beberapa Fakta Mengenai Penyakit Katarak

Sebenarnya, kebanyakan riset menemukan bahwa tidak ada hubungan antara banyaknya penggunaan telepon genggam dan resiko kanker otak. Namun ada beberapa studi (dan ini sebagian kecil) yang menunjukkan bahwa beberapa jenis tumor otak mungkin timbul akibat paparan penggunaan telepon genggam yang berlebihan. Masalahnya, ilmuwan percaya bahwa satu-satunya cara radiasi dapat menyebabkan kanker adalah bila ia bisa mengganggu DNA. Radiasi telepon genggam tidak cukup kuat untuk melakukan hal seperti itu. Hal ini yang membuat dokter sangat yakin tidak adanya hubungan antara telepon genggam dan kanker otak. Namun, aktifitas yang meningkat akibat telepon genggam bisa membuat otak melepaskan radikal bebas. Dan ini bisa menimbulkan sesuatu? Sementara belum ada kepastian, ilmuwan dan ahli bedah syaraf mengatakan mungkin Anda perlu memakai headset atau sejenisnya untuk tetap aman.