Hubungan Antara Asam Urat Dengan Ginjal Yang Berbahaya

DokterSehat.Com – Penyakit batu ginjal merupakan fase lanjutan dari masalah kesehatan kronis yaitu penumpukan kristal asam urat. Keduanya memiliki hubungan erat artinya jika penimbunan kadar asam urat terjadi pada ginjal maka muncullah penyakit batu ginjal. Penimbunan ini disebabkan oleh banyak faktor yang mungkin tidak anda sadari selama ini. Misalnya saja metabolisme dalam tubuh tidak berjalan secara baik sehingga fungsi organ ginjal sebagai penyaring tidak berjalan secara maksimal.



Munculnya penyakit batu ginjal akibat kristal asam urat yang menumpuk tentu saja bisa dicegah mulai dari sekarang. Langkah pertama dan paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah membatasi asupan makanan dengan kadar purin tinggi.

Sebenarnya, purin merupakan zat alami yang terdapat pada sel-sel tubuh dan tidak berbahaya jika kandungannya seimbang. Artinya tidak lebih atau pun tidak kurang.

Apabila kadar purin dalam tubuh berlebih maka akibatnya asam urat naik. Inilah yang disebut hubungan asam urat dengan ginjal yang membahayakan kesehatan karena dapat memicu penyakit batu ginjal.

Agar kadar asam urat dalam darah seimbang anda harus memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Berikut ini daftar makanan yang mengandung purin tinggi :

  • Beragam produk makanan dari olahan susu misalnya
  • Makanan laut (seafood) misalnya kerang dan tiram.
  • Berbagai jenis ikan yang sudah diawetkan misalnya teri, sarden.
  • Daging bebek serta burung puyuh karena kandungan lemak di dalamnya sangat tinggi.
  • Semua jenis jeroan hewan seperti hati, jantung, usus, limpa, paru-paru dan otak.

Anda sering mengkonsumsi jenis makanan tersebut? Jika anda ingin sehat dan terhindar dari penyakit ginjal, kontrol asupan makanan di atas mulai dari sekarang.

Langkah pencegahan selanjutnya yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat. Tujuannya untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga organ penting ini dapat bekerja secara baik dalam membuang asam urat berlebih.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama pada Perdarahan Dalam

Mulailah dengan memperbanyak minum air putih, ingat! Dalam satu hari tubuh membutuhkan minimal 8 gelas air putih. Perbanyak konsumsi buah-buahan serta sayuran, batasi meminum kopi (maksimal 4 cangkir sehari), jauhi minuman beralkohol dan yang tidak kalah penting, kontrol asupan makanan yang mengandung kadar purin tinggi.