Inilah Hormon Penting yang Harus Diperhatikan Saat Sedang Diet

doktersehat-diet-medifast

DokterSehat.Com– Dalam proses penurunan berat badan, Anda tentu akan selalu memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, makanan dan minuman yang mengandung kalori tinggi bisa mengacaukan usaha penurunan berat badan Anda.

Akan tetapi, selain makanan dan minuman, ada salah satu faktor penting yang juga perlu diperhatikan dalam menurunkan berat badan, yaitu hormon. Ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh mampu membuat tubuh menjadi lebih berat. Untuk itu, Anda harus perhatikan beberapa hormon berikut ini agar usaha Anda dalam menurunkan berat badan memberikan hasil yang maksimal.

1. Tiroid dan Insulin

Hormon tiroid berada di pangkal leher Anda yang berfungsi untuk memperoduksi T3, T4, dan kalsitonin yang mempertahankan metabolisme tubuh. Hormon ini memiliki keterkaitan dengan bertambahnya berat badan. Oleh sebab itu, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi garam beryodium, vitamin D, dan konsumsi makanan kaya akan zinc. Sedangakan insulin adalah hormon yang bertanggungjawab membawa glukosa ke dalam sel yang digunakan sebagai energi atau di dimpan dalam lemak untuk mempertahankan kadar gula darah. Ketika insulin mengalami gangguan, maka tubuh akan kebal dan sel-sel otot akan gagal mengenali hormon ini sehingga menyebabkan kadar gula darah naik. Seperti yang Anda tahu bahwa gula darah berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Estrogen

Hormon estrogen di dalam tubuh tidakĀ  boleh terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Sebab, kadar estrogen yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang mengandung estrogen cukup tinggi. Kadar estrogen yang tinggi dapat menekan sel-sel penghasil insulin. Padahal, insulin sendiri berfungsi untuk manjaga kadar gula darah. Dengan berkurangnya kadar insulin, maka gula darah akan semakin meningkat dan menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Progersteron

Hormon terakhir yang harus diperhatikan saat ingin menurunkan berat badan adalah hormon progesteron. Hormon ini juga diperlukan untuk kelancaran fungsi tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, khusunya ketika masa menopause tiba, kadar hormon ini akan berkurang. Tidak hanya itu, menurunnya produksi hormon ini juga disebabkan oleh stres dan penggunaan pil kontrasepsi.