Hormon Sapi Pada Susu Berbahaya Bagi Tubuh Manusia?

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, ada sebagian masyarakat yang ternyata khawatir untuk mengkonsumsi susu sapi karena berpikir jika minuman ini memiliki kandungan hormon sapi yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-susu

Pakar kesehatan di bidang gizi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dr. Marudut, menyebutkan bahwa susu sapi tentu saja memiliki hormon dari binatang tersebut. Hanya saja, berbagai produk susu sapi yang resmi beredar di pasaran telah melalui pengujian oleh BPOM sehingga bisa dipastikan hormon sapi ini telah sesuai dengan standar dan tentu tidak akan membahayakan kesehatan.

Hormon sapi yang ada pada susu akan dianggap sebagai benda asing oleh tubuh kita. Otomatis, hormon ini juga akan segera disingkirkan karena dianggap tidak akan memberikan manfaat apapun. Karena alasan inilah kita tidak perlu khawatir akan pengaruh dari hormon sapi ini.

Dr. Marudut menyebutkan bahwa susu murni memiliki kandungan 3-4 persen lemak, 3-4 persen protein, 4,8 persen laktosa, dan juga vitamin serta mineral. Susu juga memiliki kandungan lainnya seperti kalsium, seng, dan vitamin D yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Sebagai contoh, jika kita mengkonsumsi susu, maka kita bisa mendapatkan protein yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan asam amino yang bisa mendukung proses pertumbuhan badan bagi anak-anak. Tak hanya itu, tingginya kandungan kalsium dari susu juga akan membantu kita menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Kandungan asam lemak di dalam susu yang sangat unik dan kompleks ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi sistem metabolisme dan sistem kekebalan tubuh sehingga kita pun tidak akan mudah terkena berbagai macam penyakit. Melihat adanya fakta ini, kita tak perlu lagi khawatir untuk rajin-rajin minum susu.