Hormon Kita Sedang Dalam Kondisi Tidak Seimbang Jika Muncul Tanda-Tanda Berikut

DokterSehat.Com – Hormon adalah salah satu bagian dalam tubuh yang sangat penting dalam menjaga berbagai fungsi dan sistem pada tubuh kita tetap berjalan dengan baik. Untuk memastikan berbagai fungsi dan sistem ini tetap terjaga, maka kadar hormone-hormon di dalam tubuh harus terjaga dengan seimbang. Jika tidak, maka kita akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa tanda yang muncul pada tubuh andai kita mengalami ketidakseimbangan kadar hormone pada tubuh.

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Susah Untuk Tidur
Banyak orang yang berpikir jika masalah insomnia atau susah tidur kerap kali berkaitan dengan faktor psikologis atau bahkan kelelahan yang luar biasa. Anggapan ini memang benar, namun, insomnia juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormo. Sebagai contoh, pria mengalami penurunan kadar testosterone dan wanita mengalami kadar progesterone sehingga akan sulit untuk tidur dengan nyenyak. Untuk mengembalikan keseimbangannya, kita bisa mengkonsumsi minuman herbal.

Mudah Lelah
Kurang tidur seringkali disalahkan atas mudahnya kita untuk lelah. Padahal, andai kita mengalami ketidakseimbangan hormone, khususnya ddengan tingginya kadar insulin, maka kita akan cenderung lebih mudah lelah dibandingkan dengan biasanya. Untuk mengatasinya, kita bisa mulai menjaga berat badan tetap ideal dan mulai rutin berolahraga.

Menurunnya Gairah Seksual
Penurunan gairah untuk berhubungan intim bagi pria kerap kali disebabkan oleh menurunnya hormone testosterone. Sementara itu, wanita yang sudah mengalami fase menopause juga akan mengalami penurunan hormone estrogen yang berarti minat untuk berhubungan intim juga ikut menurun.

Merasa Panas dan Berkeringat di Malam Hari
Bagi kaum hawa, jika di malam hari mereka mengalami hawa yang sangat panas dan terus berkeringat, bisa jadi ini adalah tanda dari penurunan kadar hormone estrogen yang berarti mereka akan segera mengalami fase menopause.

Baca Juga:  Pria Bisa Tetap Bugar Meskipun Sudah Berusia Senja

Susah Untuk Berkonsentrasi
Kadangkala kita melupakan hal-hal yang sepele layaknya kunci kendaraan atau bahkan alat tulis yang sebenarnya kita pegang. Hal ini adalah tanda bahwa kita kesulitan untuk berkonsentrasi dan adanya ketidakseimbangan pada hormone, khususnya adanya hormon kortisol.