Hobi Selfie? Awas Resiko Cedera Pada Tangan

DokterSehat.Com – Penggunaan gadget berteknologi mutakhir telah membuat banyak orang bisa menikmati kehidupan ini dengan lebih baik. Sebagai contoh, kini kita akan lebih mudah mendapatkan informasi dengan cepat atau setidaknya berbagi dengan orang lain. Salah satu penggunaan gadget yang paling banyak dilakukan oleh banyak orang adalah dengan melakukan selfie dan diunggah ke media sosial. Dengan adanya selfie, maka kita pun berbagi aktivitas harian kita dengan orang-orang tercinta dengan lebih baik. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika ada resiko kesehatan yang mengintai jika kita termasuk orang yang hobi melakukan selfie. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-selfie-elbow-gaming-thumb

Pakar kesehatan Maty Ann Wilmarth dari American Physical Therapy Association menyebutkan jika ada resiko cedera pada otot tangan bagi mereka yang suka mengambil foto selfie. Otot tangan bisa terasa sakit dalam beberapa kesempatan dan dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai selfie elbow, sesuatu hal yang mirip dengan masalah kesehatan tennis elbow atau golfer elbow, cedera otot tangan yang diakibatkan oleh aktivitas sesuai dengan namanya. Selfie elbow sendiri terjadi akibat kita kerap memanjangkan lengan namun menekuk pergelangan tangan sekaligus menggenggam ponsel dengan sangat kuat demi melakukan selfie. Tanpa kita sadari, gerakan ini ternyata tidak sesuai dengan gerakan alami yang bisa dilakukan oleh tangan kita.

Jika kita sudah mengalami selfie elbow, maka kekuatan otot tangan dan masa otot tangan akan cenderung mengalami penurunan yang signifikan. Wilmarth bahkan menyebutkan jika ada kecenderungan wanita yang terlahir setelah tahun 2000an cenderung memiliki kekuatan genggaman tangan paling lemah dalam sejarah yang diakibatkan oleh hobi memakai gadget ini.

Tak hanya karena selfie elbow, ada resiko cedera lain yang mengintai jika kita terlalu banyak memakai gadget layaknya gaming thumb, jempol yang terlalu sering dipakai bermain game, swiping finger, masalah pada jari yang diakibatkan seringnya dipakai untuk mengusap layar ponsel, dan juga texting neck, cedera pada leher yang diakibatkan seringnya kita menunduk saat memegang gadget.