Hobi Makan Kerupuk dan Gorengan Bisa Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda pikirkan jika ditanya tentang penyakit paling berbahaya di dunia? Dari berbagai penyakit yang terlintas dalam pikiran, stroke pasti menjadi salah satunya. Dalam realitanya, stroke memang sangat mengerikan. Tak hanya bisa membuat kematian, stroke bisa memicu kelumpuhan atau kerusakan otak yang sangat parah. Yang menjadi masalah adalah, tingginya kasus penyakit ini di Indonesia ternyata disebabkan oleh pola makan yang sembarangan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kerap kita konsumsi yang ternyata bisa memicu datangnya stroke.



Gorengan, kerupuk, dan keripik
Ketiga makanan ini adalah camilan yang cenderung sangat sering kita konsumsi karena memang rasanya yang enak. Yang menjadi masalah adalah, ketiganya memiliki kandungan lemak trans tinggi yang bisa meningkatkan resiko terkena stroke. Lemak trans bisa membuat kadar lipid dan kolesterol jahat dalam tubuh semakin meningkat. Jika hal ini terus terjadi, penyumbatan pada pembuluh darah akan lebih memungkinkan untuk terjadi.

Makanan manis
Siapa bilang hanya makanan berlemak atau yang digoreng yang bisa memicu stroke, makanan manis jika dikonsumsi dengan berlebihan dalam jangka panjang juga bisa memicu masalah kesehatan yang sama.

Daging merah
Dalam penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health, disebutkan bahwa mengkonsumsi dua porsi daging merah dimana setiap porsinya mengandung 4 hingga 6 ons daging bisa meningkatkan resiko terkena stroke hingga 28 persen pada pria dan 19 persen bagi wanita.

Makanan cepat saji dan makanan kalengan
Kedua jenis makanan ini ternyata kaya akan kandungan garam. Padahal, mengkonsumsi garam dengan berlebihan bisa meningkatkan resiko terkena stroke dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan tersebut demi menurunkan resiko terkena stroke.