Hobi Donor Darah Akan Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Donor darah adalah salah satu kegiatan amal yang bisa memberikan dampak langsung bagi mereka yang membutuhkan. Banyak orang yang membutuhkan darah saat melakukan perawatan medis dan darah-darah tersebut akan bisa memberikan dampak baik besar maupun kecil bagi keselamatan seseorang. Disamping dampaknya yang sangat positif bagi orang lain, kegiatan donor darah ternyata juga bisa memberikan dampak positif bagi sang pendonor. Tahukah anda? Mereka yang rajin mendonor darah ternyata bisa mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat dan lebih bugar.

2627180734_6968599c10_b

Mereka yang rajin melakukan donor darah akan memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih kecil. Sebagaimana kita ketahui, penyakit jantung kerap kali disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh adanya kandungan kolesterol jahat dalam darah. Jika kita sering-sering mendonorkan darah kita, kita akan mengurangi kandungan zat besi dan juga kolesterol darah dalam darah yang bisa menyebabkan penyumbatan tersebut sehingga resiko terkena penyakit jantung pun akan jauh berkurang. Selain penyakit jantung, mendonorkan darah ternyata juga bisa membuat kita mengurangi resiko terkena kanker, hepatitis B, hepatitis C, atau bahkan siphilis.

Banyak orang yang berpikir jika kita mendonor darah, maka kita akan mengalami kekurangan darah. Memang, setelah donor darah, tubuh akan jauh lebih lemas karena berkurangnya darah. Namun, kita tak perlu khawatir karena sumsum tulang belakang dengan sendirinya akan memproduksi sel darah yang baru dan jauh lebih bersih dan sehat. Hal ini berarti, kita akan memiliki darah yang jauh lebih baik pada tubuh kita bukan?

Rajin mendonor darah ternyata juga berimbas pada semakin baiknya tampilan seseorang. Donor darah bisa membuat berat badan kita menjadi lebih ideal. Jika kita mendonorkan 500 ml darah, maka setidaknya kita telah membakar 650 kalori yang tentu saja akan berpotensi semakin mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, donor darah yang dilakukan dengan rutin akan membuat darah baru nan segar dan sehat mempengaruhi kesehatan kulit menjadi lebih baik sehingga tampilan kita pun menjadi lebih segar dan menarik.