Hobi Berenag? Waspadai Penyakit Ini!

DokterSehat.Com – Mengisi liburan pada cuaca panas memang paling asyik dihabiskan di air. Sekedar bermain air, berenang, atau berendam, sudah bisa membuat hati gembira.



Meski terlihat bersih, bukan tak mungkin bahwa bakteri dan zat kimia berbahaya bersembunyi dalam kolam renang pribadi, kolam renang umum, atau kolam di tempat rekreasi. Bakteri-bakteri tersebut bisa memicu RWI. RWI biasanya memicu beberapa jenis infeksi seperti infeksi lambung, kulit, telinga, pernapasan, mata, saraf, dan infeksi pada luka terbuka. Namun gejala yang paling sering muncul adalah diare.

Banyak yang mengira bahwa kolam renang mereka aman karena sudah mengandung chlorine. Jangan salah, chlorine tak bisa membunuh semua bakteri dalam kolam renang secara instan. Saat ini telah banyak bakteri dan kuman yang toleran terhadap chlorine dan baru bisa mati beberapa hari kemudian.

Bukan berarti Anda harus menghentikan hobi berenang. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi tubuh dari RWI ketika Anda akan berenang. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum berenang :

  • Kelebihan chlorine dalam air kolam renang bisa menyebabkan rambut rontok. Gunakan penutup rambut saat berenang. Itulah beberapa cara yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah terkena masalah kesehatan akibat zat kimia atau bakteri dalam kolam renang. Jika muncul gejala-gejala RWI setelah berenang, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
  • Waspadai sakit mata setelah berenang. Jangan gosok mata dengan tangan ketika mata terasa gatal. Jangan menggunakan lensa kontak ketika terjadi iritasi.
  • Ketika kulit mulai gatal-gatal, Anda bisa menggunakan produk krim menthol untuk meredakan rasa gatalnya. Jika tak segera sembuh dalam tujuh hari, konsultasikan ke dokter.
  • Pastikan Anda sering menguji tingkat zat kimia dalam air kolam renang secara teratur dan segera membersihkan airnya ketika mulai terkontaminasi.
  • Cek pH air dari kolam renang dan pastikan kolam renang selalu dirawat dan dibersihkan dengan zat kimia yang aman untuk lingkungan.
  • Jangan berenang atau masuk ke kolam renang jika Anda baru saja sembuh dari diare.
  • Mandi sebelum masuk ke kolam renang.