Hoax Atau Fakta? Sendok Bisa Digunakan Untuk Mengecek Kondisi Kesehatan

DokterSehat.Com– Di media sosial cukup banyak beredar tentang informasi dan tips-tips kesehatan yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Salah satunya adalah informasi yang menyebutkan bahwa sendok bisa digunakan untuk mengecek kondisi kesehatan. Apakah informasi ini sesuai secara medis?

doktersehat-sendok-untuk-cek-kesehatan

Dalam informasi ini, sendok hanya perlu diusapkan ke permukaan lidah hingga air liur kita membahasi sendok tersebut. Setelahnya, sendok tinggal diletakkan di dalam kantung plastik transparan dan diletakkan langsung di bawah cahaya terang layaknya lampu dan sinar matahari. Setelah dibiarkan terpapar cahaya selama 1 menit, kita bisa mengecek bau yang ada pada sendok tersebut. Jika bau sendok sangatlah kuat, kita mengalami masalah kesehatan pada paru-paru atau perut, jika bau sendok memberikan sensasi manis, bisa jadi kita mengalami masalah diabetes, jika bau sendok mirip layaknya bau amonia, maka bisa jadi kita terkena masalah ginjal. Bahkan, jika sendok terdapat warna layaknya ungu, atau putih, kita dianggap memiliki penyakit pada kelenjar tiroid, gangguan kolesterol dan sirkulasi darah, atau bahkan infeksi pernafasan.

Dengan adanya tips kesehatan dengan sendok ini, kita disebut-sebut tidak perlu lagi menghabiskan biaya untuk melakukan pengecekan kesehatan di rumah sakit. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, informasi ini ternyata tidak benar adanya. Andai kita mencobanya sendiri, sendok ternyata tidak menghasilkan bau atau noda apapun setelah dibasahi dengan air liur dan ditempatkan di bawah sinar matahari. Bau yang muncul juga hanya bau khas aluminium yang merupakan bahan utama dari sendok ini.

Pakar kesehatan dr. Andi Khomeini Sp.PD yang berasal dari Ikatan Dokter Indonesia juga menyebutkan bahwa untuk mengecek kondisi kesehatan seseorang atau menentukan apakah seseorang terkena penyakit atau tidak, cukup banyak faktor yang harus dipertimbangkan, baik itu dari air liur, hasil tes darah, laboratorium, dan lain sebagainya. Pengecekan dengan cara medis ini juga membutuhkan waktu dan tidak langsung bisa disimpulkan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga:  Seputar Mandi Malam dan Rematik

Melihat adanya fakta ini, informasi yang menyebutkan bahwa sendok bisa digunakan untuk mengecek kondisi kesehatan ternyata hanyalah hoax belaka.