HIV Bisa Disembuhkan Tanpa Obat? Anak Ini Ternyata Bisa Melakukannya!

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit paling mengerikan dan ditakuti di seluruh dunia adalah HIV. Tak hanya sangat mematikan, hampir tidak mungkin HIV bisa disembuhkan tanpa obat. Bahkan, belum tentu pasien yang mengkonsumsi obat secara teratur bisa mengendalikan penyakit ini dan akhirnya bisa sembuh.

doktersehat-flu-singapura-hand-foot-mouth-disease-antraks-kanker

Namun, ada sebuah kasus yang sempat menggemparkan International AIDS Conference yang diadakan ke 9 kalinya di Paris, Perancis, yang dimulai hari Minggu, 23 Juli 2017. Dalam konferensi ini, ada seorang anak yang berasal dari Afrika Selatan yang disebut-sebut bisa tetap bertahan hidup dan mampu mengendalikan virus HIV ini meskipun sudah tidak minum obat anti retroviral atau ARV selama bertahun-tahun.  Melihat kemampuannya ini, pakar kesehatan pun bisa mencari kemungkinan HIV bisa disembuhkan tanpa obat.

Avy Violari, salah seorang peneliti HIV dari University of Witwatersrand yang ada di Afrika Selatan menyebutkan bahwa kasus anak yang sengaja dirahasiakan identitasnya ini sangatlah langka. Anak ini hanya diketahui sudah berusia 9 tahun dan terlahir dengan kondisi positif HIV. Violari dan timnya sebenarnya sudah memberikan obat anti retroviral pada anak tersebut hingga usianya 40 minggu. Hanya saja, setelahnya anak ini tidak mengkonsumsi obat pengendali virus HIV tersebut. Lebih dari 8 tahun kemudian, Violari kemudian melakukan pengecekan virus pada tubuh sang anak dan hasilnya adalah, virus ini tidak terdeteksi. Ia pun kemudian meyakini jika tubuh anak tersebut ternyata mampu mengendalikan pertumbuhan virus HIV secara alami tanpa perlu mengkonsumsi obat.

Sembilan puluh sembilan persen penderita HIV biasanya akan mengalami peningkatan jumlah virus jika tidak mengkonsumsi obat ARV ini. Hanya segelintir orang yang memang secara genetik resisten pada virus ini sehingga bisa mengendalikan pertumbuhan virus ini, termasuk anak ini.

Baca Juga:  Apakah Ciuman Bisa Menularkan Virus HIV?

Violari sendiri menganggap kasus anak ini mampu memberikan harapan bagi dunia medis agar ditemukan cara HIV bisa disembuhkan tanpa obat.