HIV Bisa Dicegah Dengan Pil?

DokterSehat.Com – Jika pada jaman dahulu penyakit HIV adalah penyakit yang paling ditakuti karena penularannya sangat sulit untuk dicegah jika melakukan hubungan intim atau pertukaran cairan tubuh, maka kini pakar kesehatan di dunia mengeluarkan sebuah pil yang diyakini mampu mencegah penularan HIV dengan sangat signifikan. Pil ini diberi nama truvada dan uniknya, pil ini sendiri telah diberikan ikon oleh BPOM Amerika Serikat atau yang bernama FDA untuk dipakai melawan virus HIV semenjak tahun 2002 lalu.

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi pil truvada secara rutin bisa mencegah penularan virus HIV melalui hubungan intim hingga 90 persen. Fakta ini didapatkan dari para pemakai pil ini yang kebanyakan adalah pria gay dan biseksual yang rutin mengkonsumsinya setiap hari. Setelah penelitian ini selesai pada tahun 2014 lalu, diketahui bahwa para partisipan yang berjumlah 362 orang ini bisa menekan resiko terkena penularan virus HIV ini hingga 97 persen. Angka ini tentu sangat impresif, bukan?

Kepala penelitian dr. Jean-Michel Molina yang berasal dari Perancis, menyebutkan jika pil ini bisa dikonsumsi dua buah dan bisa diminum dua jam hingga 24 jam sebelum berhubungan intim. Selain itu, konsumsi obat ini lagi sebanyak satu tablet 24 jam setelah berhubungan intim dan satu tablet lagi 48 jam setelahnya. Andai hubungan intim ini rutin dilakukan setiap hari, maka mau tidak mau konsumsi pil ini juga harus dikonsumsi setiap hari dan kemudian dikonsumsi lagi satu hingga dua hari setelah hubungan intim dilakukan.

Fakta menggembirakan ini dipaparkan oleh Molina pada konferensi AIDS internasional pada tahun 2016 di Durban, Afrika Selatan. Molina mengungkapkan jika penemuan ini akan menjadi jawaban akan masalah HIV/AIDS yang masih menjadi masalah besar dan penyakit mematikan di berbagai negara di seluruh dunia, khususnya di benua Afrika.